Approval Rating Jokowi 78,5 Persen, Rekor Tertinggi dalam 9 Tahun

by -75 Views
Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Papua

Minggu, 30 April 2023 – 19:32 WIB

VIVA Politik – Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis riset terbarunya terkait ‘Korelasi antara Approval Rating Presiden dan Dukungan Atas Capres dan Partai Jelang 2024’. Salah satu temuan Indikator melaporkan tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, menyampaikan dari tingkat kepuasan publik terhadap kerja Jokowi berada di level tertinggi. Menurut dia, sepanjang survei Indikator atau dalam kurun 9 tahun terakhir, approval rating Jokowi kali ini merupakan yang tertinggi. 

“Selama Indikator melakukan survei kepuasan publik, ini (approval rating) Jokowi menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah,” kata Burhanuddin, dalam paparannya, secara virtual, Minggu, 30 April 2023.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Burhanuddin menjelaskan, approval rating yang tembus 78,5 persen jadi yang tertinggi selama Jokowi jadi Presiden RI. Dia mengatakan, survei pertama dimulai pada Januari 2015. Saat itu, eks Wali Kota Solo itu meraih approval rating Jokowi berada di angka 61,7 persen. 

“Selama Jokowi menjadi presiden, inilah (78,5 persen) approval rating tertinggi yang berhasil diraih,” jelas Burhanuddin. 

Pun, dia menambahkan, tingginya approval rating karena kemampuan Jokowi dan para jajarannya dalam mengendalikan inflasi. Ia bilang demikian karena inflasi jadi acuan masyarakat dalam menentukan tingkat kepuasan. 

Halaman Selanjutnya

Lebih lanjut, dia mencontohkan keberhasilan Jokowi dan kabinet pemerintahannya kendalikan inflasi terlihat jelang dan saat Lebaran Idul Fitri 2023. Dia menyebut saat momen itu, harga-harga kebutuhan barang pokok relatif terkendali dan stabil.  “Tidak ada lonjakan yang berarti,” kata Burhanuddin. 

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.