Bersihkan Oknum Nakal, Banggar DPR Dorong Pemisahan Ditjen Pajak dari Kemenkeu

by -161 Views
Gedung Direktorat Jenderal Pajak

Kamis, 6 April 2023 – 15:15 WIB

VIVA Politik – Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Marwan Cik Asan mendorong wacana pemisahan Direktorat Jenderal Pajak dari Kementerian Keuangan. Menurutnya, dengan dibentuknya lembaga baru yang menangani penerimaan negara dari pajak, pemerintah bisa membangun struktur yang bersih dari oknum nakal.

“Ada terpikir dan sudah banyak kita dengar wacana dari lima tahun terakhir ini untuk memisahkan Ditjen Pajak dari Kementerian Keuangan. Dia menjadi sebuah badan langsung di bawah presiden,” kata Marwan kepada wartawan, Kamis, 6 April 2023.

Marwan berharap, dibentuknya lembaga baru yang menangani penerimaan negara, bisa membangun struktur baru yang bersih dari oknum-oknum nakal. Mengingat, saat ini Ditjen Pajak sangat menuai kontroversi dan sorotan publik.

“Nah ini mungkin momentumnya untuk kita bersih-bersih pajak. Bisa menggal-menggal kan. Kalau buat badan baru, yang bagus ikut lakukan seleksi ulang kembali yang tidak bagus mungkin harus diselesaikan atau tetap di Kementerian Keuangan,” kata legislator Partai Demokrat tersebut.

Rafael Alun Trisambodo Pakai Rompi Tahanan KPK Usai Diperiksa KPK

Rafael Alun Trisambodo Pakai Rompi Tahanan KPK Usai Diperiksa KPK

Marwan mencontohkan, beberapa negara berhasil melakukan reformasi birokasi perpajakan serta perbaikan penerimaan negara melalui lembaga serupa. Menurutnya, jika badan penerimaan negara atau badan pajak nasional diwujudkan, maka harus diawali oleh pemerintah untuk mengubah Undang-Undang tentang Perpajakan.

“Di negara-negara lain kan terbukti berhasil ini. Apakah ini momentumnya? Kalau ini momentumnya, mungkin Presiden harus segera mengajukan kepada kita (DPR) untuk merevisi Undang-undang Pajak. Kita ubah 1-2 pasal langsung kita bentuk (lembaga baru). Mungkin ini salah satu obat untuk memperbaiki pajak sekaligus memperbaiki penerimaan negara,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya

Skandal Rafael Alun

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.