Dave Laksono Bicara Peran Penting Koperasi untuk Ekonomi Indonesia

by -2175 Views
Dave Laksono, Ketua Umum Kosgoro

Senin, 14 November 2022 – 19:14 WIB

VIVA Politik – Koperasi dinilai cukup mampu untuk memainkan peran penting dalam perekonomian nasional. Setidaknya itu yang disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif Kosgoro 1957, Dave Akbarshah Fikarno Laksono.

Itu dipaparkan Dave Laksono, saat menjadi pembicara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65, Kosgoro 1957, dan melaksanakan diskusi webiner bertajuk Inovasi Blockchain Pada Koperasi. Menurutnya, inovasi harus dilakukan koperasi saat ini dan ke depannya.

“COVID-19 cukup berdampak kepada ekonomi nasional termasuk koperasi. Oleh karenanya pemerintah membuat program untuk koperasi hadapi situasi pandemi melalui Program Pemulihan Nasional (PEN),” kata Dave, Senin 14 November 2022.

Dalam webinar tersebut hadir sejumlah pembicara seperti Wakil Menteri Perdanganan DR. Jerry Sambuaga, anggota Komisi XI DPR RI Misbakhun dan Chief Operations Officer (COO) Tokocrypto Teguh Kurniawan Harmanda.

Politisi Partai Golkar ini menyebutkan, pemerintah mealui Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, lewat Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), menyiapkan Dana bergulir sebesar Rp 184,83 triliun. Kebijakan itu dinilai sudah tepat. Stimulus modal kerja melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan suku bunga murah dan tanpa agunan tambahan tentu akan memperkuat sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Koperasi dalam Omnibuslaw.

“Namun yang menjadi masalah adalah adaptasi digital yang semakin cepat, maka diperlukan langkah strategis untuk membuat adaptasi koperasi digital, literasi dan penguatan infrastuktur yang juga cepat,” ujarnya. 

Maka pengembangan atau transformasi Koperasi dan UMKM menurutnya perlu dari usaha informal ke formal, transformasi usaha perorangan atau skala kecil ke skala keekonomian, transformasi UMKM berbasis kawasan, komunitas, klaster dan rantai pasok. 

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.