Elektabilitas Ganjar Masih Juara di Jateng, Tapi Stagnan

by -56 Views
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, Semarang, Senin siang, 3 April 2023.

Senin, 17 April 2023 – 18:42 WIB

VIVA Politik – Direktur Eksekutif Lembaga Survei Analisa Kebijakan Publik (Lanskap), Mochammad Thoha memaparkan hasil temuan elektabilitas bakal calon presiden, Ganjar Pranowo di Jawa Tengah. 

Thoha mengatakan elektabilitas politikus PDI Perjuangan (PDIP) menduduki peringkat pertama di Jawa Tengah mengalahkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

“Di Jawa Tengah Ganjar Pranowo memang berada diposisi puncak, sebanyak 27,4 persen. Disusul oleh Prabowo Subianto diurutan nomor dua,” kata Thoha dalam paparannya secara virtual, Senin 17 April 2023.

Meski demikian, Thoha menyebut kenaikan elektabilitas Ganjar Pranowo di Jawa Tengah cenderung stagnan. Hal itu terlihat karena hanya berbeda 4,4 persen dari Prabowo Subianto yang memiliki tingkat elektabilitas di Jawa Tengah sebesar 23 persen.

“Tetapi, meski Ganjar Pranowo ada di posisi puncak di Provinsi Jawa Tengah, kenaikannya itu cenderung stagnan. Kalau kita lihat di Jawa Tengah ini hanya terpaut 4,4 persen saja dari Prabowo Subianto,” katanya. 

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi saat di Boyolali.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi saat di Boyolali.

Adapun survei yang dilakukan oleh Lanskap ini merupakan survei terpisah, di mana kerangka sampel diambil masing-masing. Pengambilan data survei ini dilakukan bersamaan. 

Halaman Selanjutnya

Populasi survei ini adalah seluruh warga di kedua Provinsi, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 16 tahun atau lebih. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. 

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.