Ganjar dan Sandiaga Bakal Tampil Sepanggung dalam Peringatan Hari Tari Sedunia di Solo

by -178 Views
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Jumat, 28 April 2023 – 11:36 WIB

VIVA Politik – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menghadiri peringatan Hari Tari Sedunia di Solo pada Sabtu, 29 April 2023. Rencananya calon presiden (capres) yang diusung PDIP dan mantan politikus Partai Gerindra itu akan menari bersama dalam acara Solo Menari 2023 di kawasan Ngarsopuro, Solo.

Sutradara Solo Menari 2023 Boby Ari Setiawan mengatakan, Ganjar, Sandi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan menghadiri Solo Menari 2023. Ganjar dan Sandiaga akan mengikuti upacara pembukaan Solo Menari 2023 di depan Pura Mangkunegaran yang menjadi titik awal peringatan Hari Tari Sedunia.

“Jadi nanti akan ada opening pentas tari bedhayan naradipta di depan Ngarsopuro. Itu nanti ada 700 penari yang akan terlibat di situ. Nanti Pak Wali akan hadir, ada Pak Menteri Sandiaga Uno. Kemudian direncanakan Pak Ganjar akan hadir di situ untuk pembukaan bedhayan naradipta,” katanya di Solo, Kamis, 27 April 2023.

Menurut Boby, setelah prosesi pemotongan tumpeng dan doa bersama, ketiga tokoh itu akan dikirab menujur Pasar Triwindu sambil menari. Kemudian, Ganjar, Sandiaga dan Gibran akan menyaksikan pentas tari bedhayan naradipta di kawasan tersebut. Tarian itu akan dipentaskan ratusan penari dari SMKI dan sejumlah sanggar tari yang ada di Kota Solo.

“Konsep tari bedhayan naradipta itu soal kepemimpinan yang manunggaling kawula gusti: itu pemimpin yang mau membaur dengan rakyatnya,” ujarnya.

Setelah dari Ngarsopuro, arak-arakan peringatan Hari Tari Sedunia itu akan bergeser ke Pasar Gede Solo yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Prosesi pentas selanjutnya di Kampung Batik Kauman, Solo Paragon Mall, Balai Kota Solo, hingga Koridor Jalan Gatot Subroto.

Halaman Selanjutnya

“Ada enam titik perform untuk rangkaian Solo Menari 2023. Rangkaian acara itu dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir hingga malam hari. Terakhirnya di Gatsu (Gatot Subroro) sekitar pukul 21.00 WIB sampai selesai. Di situ ada urban dance, fire dance, Bali dance, hip hop, ada tarian tradisi dan lainnya,” katanya.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.