Distributor Ketahuan Kemas Ulang 78 Ton Minyak Goreng Curah, Dijual Rp Rp 17.000 per Liter

by -154 Views
Minyak Goreng Curah Masih

Insannews.co.id, JAKARTA- Menteri Perindustrian bersama Satgas Pangan Polri menggelar inspeksi mendadak alias sidak ke dua distributor minyak goreng curah bersubsidi.

Dalam sidak tersebut Menperin menemukan penyimpangan yang dilakukan para distributor karena menjual minyak curah di atas harga eceran tertinggi (HET) Rp 14.000/liter atau Rp 15.500/kilogram.

Temuan itu di wilayah Cipete, Jakarta Selatan.

“Hal ini menyebabkan subsidi harga minyak goreng curah tidak tersalurkan dengan tepat, padahal ada dana publik di sini,” Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Kamis (14/4/2022).

Liaison Officer Satgas Pangan Polri untuk Kementerian Perindustrian, Kombes Polisi Eko Sulistyo Basuki, mengungkap ada  distributor yang mengemas ulang minyak goreng curah bersubsidi.

Baca juga: Pasar Murah 8.000 Liter Minyak Goreng Curah, Langsung Diserbu Pedagang di Pasar Jamblang Cirebon

Satu jeriken lima liter Rp 85.000/jeriken atau Rp 17.000/liter, yang artinya di atas HET.

“Selain itu, tidak ada bukti penjualan minyak goreng dalam jeriken. Distributor tersebut telah mendistribusikan minyak goreng curah bersubsidi dalam jeriken 5 liter, dengan total 78 ton selama sebulan terakhir,” kata Eko.

Pendalaman dan penyidikan lebih lanjut akan dilakukan oleh Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya, termasuk mengenai rantai suplai distribusi tersebut.

Polisi menyita barang bukti berupa 700 jeriken kapasitas 5 liter atau setara tiga ton minyak goreng curah bersubsidi.

Menperin memperingatkan para distributor untuk mematuhi aturan program penyediaan minyak goreng curah untuk kebutuhan masyarakat, usaha mikro dan usaha kecil, sesuai Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 8 Tahun 2022.

 “Kalau masih ada distributor yang menyimpang, kami ingatkan agar berhenti. Kepatuhan sangat penting, karena ini adalah upaya pemerintah untuk masyarakat dan UMKM agar bisa mendapatkan minyak goreng curah bersubsidi. Ada dana publik yang harus dipertanggungjawabkan sehingga kita ingin program ini berjalan dengan baik,” kata Menperin.

Penulis: Lita Febriani

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kepergok Satgas Pangan, 78 Ton Minyak Goreng Curah Bersubsidi Direpacking Jadi Kemasan 5 Liter



#Distributor #Ketahuan #Kemas #Ulang #Ton #Minyak #Goreng #Curah #Dijual #Liter

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.