Pertepedesia Dorong Pemerintah Beri THR Idulfitri untuk Tenaga Pendamping Desa Profesional

by -33 Views
Pertepedesia Dorong Pemerintah Beri THR Idulfitri untuk Tenaga Pendamping Desa Profesional

Insannews.co.id –  Ketua Umum Perkumpulan Tenaga Pendamping Desa Indonesia (Pertepedesia) Dindin Abdullah Ghazali mendorong pemerintah mengeluarkan kebijakan pemberian THR bagi Tenaga Pendamping Desa Profesional (TPP).

TPP merupakan tenaga pendamping desa profesional yang direkrut oleh Kementerian Desa PDTT untuk mendampingi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa di seluruh Indonesia.

“Sejak bekerja mulai tahun 2015, sebagai anak kandung Kementerian Desa PDTT, belum ada kebijakan pemberian THR untuk TPP. TPP di Kementerian Desa PDTT menjadi kaum pekerja yang tidak memiliki THR. Kebijakan pemberian THR untuk TPP belum berhasil dilahirkan sampai saat ini,” kata Dindin dalam rilisnya Kamis, 14 April 2022.

Namun demikian, Dindin menambahkan adanya THR bagi TPP tetap menjadi harapan yang selalu dinantikan oleh TPP agar dapat memiliki bekal merayakan Idulfitri.

Dindin menerangkan pada tahun 2021 sempat memunculkan kegembiraan di kalangan TPP dengan terbitnya PP No. 63 Tahun 2021 yang ditindaklanjuti penerbitan PMK No. 42/PMK.05/2021 terkait kebijakan pemberian THR bagi aparatur negara, baik PNS maupun non-PNS.

Baca juga: Banyak Preman Mintah Jatah THR ke Perusahaan di Cimanggung, Kapolres Sumedang Tak Segan Menggaruk

” Akan tetapi kebijakan ini belum bisa direalisasikan bagi TPP. Peraturan yang dapat menjadi dasar bagi kebijakan pemberian THR untuk TPP ini tidak dapat dinikmati oleh TPP oleh karena sejumlah alasan sehingga Kementerian Desa PDTT tidak dapat memberikan THR bagi TPP,” ujarnya.

“Oleh karena itu kami sampaikan kepada Bapak Presiden, bahwa TPP sangat mengharapkan dan selalu menantikan adanya pemberian THR bagi TPP, kita juga sudah menyampaikan usulan ke Bapak Presiden Maupun ke Pak Menteri Desa PDTT,” kata Dindin.

Adanya THR menjadi dinilai menjadi dukungan yang sangat berharga, terutama bagi TPP yang wilayah kerjanya di level desa dan kecamatan, yang honornya relatif kecil dengan tanggungjawab pekerjaan purna waktu dan area kerja yang luas mencakum empat Desa atau lebih.

Baca juga: Serikat Buruh Minta Pemerintah Tindak Tegas Perusahaan yang Tidak Bayar THR Pekerja

“Aspirasi ini selalu berkembang setiap tahun mengingat pemberian THR telah menjadi kebijakan yang lazim dalam sistem remunerasi ketenagakerjaan,” katanya

“Dengan hormat sebagai organisasi asosiasi TPP kami menyampaikan aspirasi dari anggota kami agar Bapak Presiden dapat memberikan dukungan bagi TPP dengan melahirkan kebijakan pemberian THR bagi TPP,” ujarnya.



#Pertepedesia #Dorong #Pemerintah #Beri #THR #Idulfitri #untuk #Tenaga #Pendamping #Desa #Profesional

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.