BREAKING NEWS, Baru Saja Tentara Israel Serbu Masjid Al Aqsa Palestina, 100 Orang Terluka

by -29 Views
BREAKING NEWS, Baru Saja Tentara Israel Serbu Masjid Al Aqsa Palestina, 100 Orang Terluka

Insannews.co.id, BANDUNG – Polisi Israel menyerang Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur, Jumat (15/4/2022). Akibatnya setidaknya 100 warga Palestina mengalami luka-luka.

Dilansir dari Al Jazeera, yang mengelola situs tersebut mengungkapkan, polisi Israel melakukan aksinya sebelum fajar pada hari Jumat, pada saat ribuan jemaah tengah berkumpul di masjid untuk melaksanakan salat Subuh.

Terdapat video yang beredar menunjukkan warga Palestina melempar batu dan polisi menembakkan gas air mata serta granat kejut.

Yang lain mengarahkan atau menunjukkan jemaah membarikade diri mereka di dalam masjid di tengah apa yang tampak seperti awan gas air mata.

Palestinian Red Crescent, layanan darurat Bulan Sabit Merah Palestina, menambahkan, bahwa pasukan Israel telah menghalangi kedatangan ambulans dan paramedis untuk mencapai masjid, karena media Palestina mengatakan puluhan jemaah yang terluka masih terjebak di dalam kompleks.

Polisi Israel mengatakan mereka memasuki kompleks situs tersuci ketiga dalam Islam dan dihormati oleh orang-orang Yahudi sebagai Temple Mount, untuk membubarkan kerumunan “kekerasan” yang tersisa di akhir salat Subuh.

Mereka mengatakan, masuk “untuk membubarkan dan mendorong kembali” kerumunan setelah sekelompok orang Palestina mulai melemparkan batu ke arah ruang doa Yahudi Tembok Barat.

Dilansir dari Al Jazeera, dilaporkan dari Gerbang Damaskus, Najwan al-Samri dari Al Jazeera mengatakan pasukan polisi Israel menyerbu Kompleks Masjid Al-Aqsha tanpa alasan dan menyerang jemaah di dekat ruang salat Qibly setelah salat Subuh.

Dia menambahkan bahwa eskalasi terjadi ketika kelompok-kelompok Yahudi sayap kanan menyerukan penggerebekan terhadap Kompleks Masjid Al-Aqsa selama liburan Paskah Yahudi, dan persembahan hewan kurban di halamannya, yang belum pernah terjadi sejak zaman kuno.

Ketegangan meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Israel telah melakukan penangkapan dan serangan militer di Tepi Barat yang diduduki secara ilegal, setelah serangkaian serangan mematikan oleh warga Palestina di dalam wilayah Israel, memicu bentrokan di mana beberapa warga Palestina telah tewas, termasuk tujuh sejak Rabu.

Puluhan ribu warga Palestina diperkirakan akan berkumpul di Al Aqsa untuk salat Jumat sore, saat umat Islam menjalankan bulan suci Ramadan.

Protes dan penggerebekan selama berminggu-minggu di Al Aqsa selama Ramadhan tahun lalu meningkat menjadi serangan 11 hari di Jalur Gaza yang terkepung.

Perang tersebut menyebabkan kematian sedikitnya 260 orang Palestina, serta 13 orang Israel, dan kehancuran yang signifikan di wilayah yang sudah miskin itu.

Ramadan tahun ini bertepatan dengan hari raya Paskah Yahudi dan pekan suci umat Kristen, membawa ribuan peziarah dan pengunjung lainnya ke Yerusalem. (*)

Sumber: Al Jazeera



#BREAKING #NEWS #Baru #Saja #Tentara #Israel #Serbu #Masjid #Aqsa #Palestina #Orang #Terluka

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.