Minyak Curah di Bandung Barat Masih Mahal, Pasokan yang Dijanjikan Kemendag Belum Datang

by -614 Views
Minyak Curah di Bandung Barat Masih Mahal, Pasokan yang Dijanjikan Kemendag Belum Datang

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

Insannews.co.id, BANDUNG BARAT- Memasuki pertengahan bulan Ramadan, harga minyak kemasan dan minyak curah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih cukup mahal.

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) KBB, harga minyak goreng kemasan bimoli Rp 25 ribu per liter, kemasan sederhana Rp 24 ribu per liter, sedangkan minyak curah plastik tanpa merek Rp 20 ribu per liter. 

“Harga minyak goreng curah masih tinggi karena stok di pedagang sedikit sementara permintaan meningkat di bulan puasa ini,” ujarnya Kepala Disperindag KBB, Ricky Riyadi saat dihubungi, Minggu (17/4/2022).

Ia mengatakan, khusus untuk menekan harga minyak goreng curah itu, pihaknya masih menunggu realisasi pendistribusian minyak goreng curah dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) ke pedagang di sejumlah pasar tradisional.

Ketika nanti pasokan minyak goreng curah dari Kemendag tersebut sudah datang, diharapkan bisa menekan harga menjadi lebih murah dibandingkan saat ini. 

Baca juga: BLT Minyak Goreng Ada yang Tak Dibagikan Utuh di Desa Sarimukti Garut, Ditukar dengan Beras Jelek

“Kami masih menunggu informasi terbaru dari provinsi yang memfasilitasi rencana tersebut. Semoga saja bisa secepatnya terealisasi,” kata Ricky Riyadi.

Kemendag menjanjikan 27.500 liter minyak goreng curah didistribusikan ke KBB dengan sasaran pedagang di Pasar Panorama Lembang, Pasar Tagog Padalarang, Pasar Curug Agung, Pasar Cililin, Pasar Cisarua, dan Pasar Cihampelas.

Pendistribusian minyak goreng curah dalam operasi pasar tersebut sangat ditunggu oleh pedagang, karena saat ini minyak goreng curah harganya masih tinggi. 

“Nanti pedagang membeli dari distributor Rp 10.500 per liter kemudian dijual kembali Rp 11.500 per liter sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah,” ucapnya.

Ricky mengatakan, agar penjualan sesuai HET, pihaknya akan mengawasi setiap pasar saat 27.500 liter minyak goreng curah itu sudah didistribusikan.



#Minyak #Curah #Bandung #Barat #Masih #Mahal #Pasokan #yang #Dijanjikan #Kemendag #Belum #Datang

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.