Puluhan Petani Penggarap Kehilangan Lahan, Sampaikan Aspirasi Saat P2T2 dan Dewan Datang ke Mande

by -675 Views
Puluhan Petani Penggarap Kehilangan Lahan, Sampaikan Aspirasi Saat P2T2 dan Dewan Datang ke Mande

Insannews.co.id, CIANJUR – Puluhan petani di Desa Mande, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, menyampaikan aspirasi kepada anggota dewan dan Perhimpunan Penggarap Tanah Telantar (P2T2) perihal lahan garapan mereka yang kini hilang diambil alih korporasi atau perusahaan.

Iskandar Sitorus, pendiri P2T2 berharap Bupati Cianjur dan dewan Cianjur mendengarkan aspirasi para penggarap agar mereka diberikan lahan dan tak terlalu mendukung korporasi.

“Saya berharap pemerintah Cianjur menggunakan lahan garapan ini untuk menyejahterakan warganya. Di Cianjur ada 25 ribu hektare lahan garapan,” ujar Iskandar, Minggu (17/4/2022).

Iskandar mengatakan, pihaknya menyampaikan sosialisasi UU Cipta Kerja klaster pertanahan kepada petani penggarap.

Anggota DPRD Kabupaten Cianjur, Karim, mengatakan pihaknya akan menyerap aspirasi dan membawanya ke rapat hingga menyampaikan kepada ketua DPRD Cianjur.

“Saya bersama jajaran mewakili DPRD Cianjur ada tokoh dari ARWT Indonesia menerima aspirasi lama penggarap tanah lalu saat ini ada korporasi yang mencoba mengambil alih,” ujarnya.

Menurutnya, petani penggarap di Desa Mande saat ini kondisinya sangat mengkhawatirkan karena banyak kehilangan mata pencaharian.

Kepala Desa Mande, Nanang Suryana, mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara detail permasalahan warganya yang menggarap lahan.

“Dulu memang saya mendengar banyak warga yang menggarap lahan ini, ada lahan untuk warga masyarakat, namun sekarang banyak yang diambil lagi oleh perusahaan, detailnya seperti apa kami juga masih melakukan pendataan,” katanya. (fam)



#Puluhan #Petani #Penggarap #Kehilangan #Lahan #Sampaikan #Aspirasi #Saat #P2T2 #dan #Dewan #Datang #Mande

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.