Kurikulum Unik Al-Ukhuwah yang Berbasis Proyek Sebagai Bekal Untuk Masa Depan Cemerlang

by -259 Views
Kurikulum Unik Al-Ukhuwah yang Berbasis Proyek Sebagai Bekal Untuk Masa Depan Cemerlang

Insannews.co.id, Era disrupsi sudah muncul di depan mata. Akibat dari meroketnya industri 4.0 yang mengubah tatanan kehidupan menjadi serba digital. Pandemi Covid-19 juga menjadi salah satu yang mempengaruhinya. Fase ini membuat pergeseran dalam dunia Pendidikan.

Perubahan yang sangat terasa pada Knowledge Management (Manajemen Pengetahuan). Cara belajar, sumber belajar, serta kebutuhan belajar peserta didik mengalami perubahan. Masa depan generasi milenial akan sangat berbeda. Oleh karena itu, lembaga pendidikan perlu mempersiapkan hal tersebut.

Ruang Kelas ()

Yayasan Pendidikan Islam Al-Ukhuwah yang beralamat di Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang, melalui Kepala Bidang Pendidikannya yaitu Bapak H. Erwin Kurnia Wijaya, M. Pd mempelopori inovasi dengan menerapkan Kurikulum Unik Al-Ukhuwah yang disebut “Mobile School” pada semester genap di tahun ajaran 2021-2022.

Kurikulum untuk masa depan ini berbasiskan proyek disusun dalam rangka mengakomodir perkembangan yang terjadi.

Konsep “Mobile School” dalam pembelajarannya lebih memfokuskan pendidikan pada peserta didik, bukan pada bidang studi dengan memperkecil grup belajar siswa agar bisa lebih efektif.

Selain itu memperbanyak aktivitas dan proyek yang bertujuan memberikan pengalaman langsung selain pemaparan teori. Kurikulum ini juga dikembangkan agar peserta didik memiliki spesialisasi bidang yang ingin diperdalam di masa yang akan datang.

Kurikulum unik Al-Ukhuwah ini berfokus pada empat aspek yang dinilai esensial bagi peserta didik, yakni;

  1. Kurikulum Agama dan kewarganegaraan, untuk membekali peserta didik agar menjadi manusia yang tunduk dan mengabdi kepada Allah Tuhan Semesta Alam dalam konteks sebagai warga dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kurikulum ini untuk mencetak warga negara yang baik berkarakter Da’i, mengajak pada kebaikan.
  2.  Kurikulum Logika dan Bahasa, bertujuan menjadikan peserta didik sebagai pembelajar interaktif. membimbing peserta didik agar menjadi manusia yang memahami ketundukan alam raya ciptaan Allah SWT sebagai ruang eksplorasi dan interaksi kehidupan dengan sesama manusia yang beragam budaya serta Bahasa.
  3. Kurikulum Lifeskills dan Bisnis, diharapkan dapat melahirkan seorang Leaderpreneur. Kurikulum ini membekali peserta didik agar menjadi manusia yang mampu mengelola potensi alam dan kehidupan dengan meningkatkan kemampuan kepemimpinan serta keterampilan hidup. Hal ini berguna bagi peserta didik menangkap beragam peluang yang menghasilkan kemandirian.
  4. Kurikulum Tahfidz Al Qur’an membimbing peserta didik agar menjadi manusia yang mampu mengamalkan Al Qur’an sebagai pedoman dan bekal mental dalam menjalani sukses kehidupan dunia dan akhirat.

Satu paket lengkap kurikulum unik Al-Ukhuwah (Mobile School) yang dirancang sebaik mungkin untuk menyongsong masa depan peserta didik yang cemerlang.



#Kurikulum #Unik #AlUkhuwah #yang #Berbasis #Proyek #Sebagai #Bekal #Untuk #Masa #Depan #Cemerlang

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.