Tanggul Jebol, Rumah-rumah di Rancaekek Kulon Tergenang Banjir

by -169 Views
Tanggul Jebol, Rumah-rumah di Rancaekek Kulon Tergenang Banjir

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

Insannews.co.id, BANDUNG- Akibat tanggul Sungai Cikeruh jebol permukiman di RW 06 Desa Rancaekek Kulon, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Selasa (19/4/2022) terendam banjir.

Petugas OP PSDA WS Citarum, sekaligus Tim Reaksi Cepat (TRC), Deni Mulyana, jebolnya tanggul akibat debit air sungai yang tinggi.

“Kondisi tadi waktu awal mula air kiriman datang, sekitar pukul 16.00 WIB, tahap peningkatan dari debit air 1,20 meter, 1,30 meter, itungannya hanya permenit terus meningkat,” ujar Deni, saat dihubungi melalui sambungan teleponnya.

Deni mengatakan, debit air di sungai, yang datang dari Manglayang, lebih cepat dibandingkan debit air dari Cikeruh, Gunung Geulis, Tanjungsari. 

“Air yang datang, lebih cepat dari Manglayang satu jam kemudian baru dari Cikeruh, makanya debit air sampai puncaknya tadi, sekitar pukul 18.00 WIB, mencapai hampir 2 meter,” kata Deni.

Deni mengatakan, sehingga tanggul sepanjang aliran sungai, ada beberapa titik yang mengalami limpasan-limpasan dan ada tanggu yang jebol. 

“Yang jebol aliran Sungai Cikeruh, posisi titik jebol di samping yang dulu pernah jebol,” tuturnya.

Deni mengatakan, itu akibat intensitas hujan tinggi di hulu, sehingga debit air meningkat, mencapai sekitar 2 meter. 

Permukiman yang terdampak akibat jebolnya tanggul, kata Deni, paling parah di dekat titik yang jebol, yakni RT 04, RW 06.

“Belum tahu pasti berapa jumlah rumah dan KK yang terdampak,” katanya.

Mwnurutnya, pihaknya dan relawan lainnya sudah mengevakuasi warga yang terdampak.

“Kondisi masyarakat yang terdampak, sudah dievakuasi beberapa warga ke titik aman. Tapi sebagian ada yang bertahan di rumah yang loteng,” ujarnya.

Deni mengatakan, ambil hikmahnya dari bencana alam ini karena siapa yang tahu kondisi cuaca.

“Sebetulnya sudah ada pemeliharaan ada upaya dari Bupati Bandung, dengan normaliasai. Namun kehendak yang di atas, dan alam lebih tahu mengingatkan masyarakat biar peduli lingkungan, mengingatkan kembali aturan tanah sepadan aliran sungai,” ucapnya.(*)



#Tanggul #Jebol #Rumahrumah #Rancaekek #Kulon #Tergenang #Banjir

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.