BBWS Citarum tentang Banjir di Bandung, Padahal Sudah Ada Kolam Retensi Hingga Terowongan Air

by -44 Views
BBWS Citarum tentang Banjir di Bandung, Padahal Sudah Ada Kolam Retensi Hingga Terowongan Air

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

Insannews.co.id, BANDUNG – Banjir kembali menerjang daerah di Kabupaten Bandung setelah hujan deras mengguyur sejak awal pekan ini.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citarum atau BBWS Citarum, Basari, mengatakan, meski ada infrastruktur penanggulangan banjir.

Namun, itu tidak cukup karena perlu pengendalian tata ruang dan pengendalian aliran air di kawasan hulu Sungai Citarum dan anak-anak sungainya.

Seperti diketahui, katanya, fungsi berbagai infrastruktur penanganan banjir Sungai Citarum sudah dimaksimalkan. Mulai dari Terowongan Air Nanjung yang mempercepat aliran Sungai Citarum, Floodway Cisangkuy yang mengalirkan air langsung ke kawasan hilir, sampai kolam retensi, polder, dan pompa-pompa yang berfungsi maksimal saat banjir terjadi.

Namun ternyata banjir masih saja menggenangi Baleendah, Dayeuhkolot, Bojongsoang, dan beberapa titik lainnya.

“Penanganan banjir di Baleendah, Dayeuhkolot, dan Bojongsoang, secara sistem sudah berjalan. Kolam retensi, polder, dan pompa, semua bekerja. Terowongan Nanjung dan Cisangkuy juga sudah berjalan,” kata Basari melalui ponsel, Rabu (20/4).

Ia mengatakan curah hujan di sejumlah titik di Bandung Raya dalam beberapa hari terakhir memang sedang tinggi. Contohnya di Sapan, Bojongsoang, sempat memiliki curah hujan 106 mm atau masuk kategori hujan ekstrem. Di sejumlah titik lainnya pun antara 50 mm sampai 70 mm.

Baca juga: Meski Banjir Mulai Surut, Pedagang di Pasar Dayeuhkolot Tak Berjualan Karena Percuma Tak Ada Pembeli

Termasuk, katanya, banjir sudah terjadi di kawasan hulu seperti di kawasan Sungai Cikeruh dan Cikijing di kawasan timur. Juga debit air yang tinggi di Cikapundungkolot, Cikapundung, dan Cipalasari yang mengindikasikan hujan lebat di kawasan utara.

Akibat air yang mengalir deras dari kawasan hulu ini, katanya, infrastruktur penanganan banjir di Baleendah dan sekitarnya membutuhkan waktu lebih banyak untuk penanganannya. Akhirnya, masih terjadi genangan di sejumlah titik dalam dua hari ini.



#BBWS #Citarum #tentang #Banjir #Bandung #Padahal #Sudah #Ada #Kolam #Retensi #Hingga #Terowongan #Air

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.