20.896 Calon Mahasiswa Akan Jalani UTBK di UPI, Digelar di Enam Lokasi

by -336 Views
20.896 Calon Mahasiswa Akan Jalani UTBK di UPI, Digelar di Enam Lokasi

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman. 

Insannews.co.id, BANDUNG – Puluhan ribu calon mahasiswa baru akan jalani test Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) UPI. 

Pelaksanaan UTBK ini dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan dimulai tanggal 17-23 Mei 2022.  Sedangkan gelombang kedua, dilaksanakan mulai tanggal 28 Mei sampai 3 Juni 2022. 

Koordinator TIK Pusat UTBK UPI 2022, M Ridwan Sutisna mengatakan, total ada 20.896 calon mahasiswa yang akan mengikuti test. 

Dari jumlah tersebut, 16.346 diantaranya bakal mengikuti test di Kampus UPI Setiabudhi, Poltekpos dan Polban yang menjadi mitra UPI. 

“Sisanya ada di UPI Cibiru 2.340, Sumedang 1.040 dan Purwakarta 1.170. Total 20.896,” ujar Ridwan, saat dihubungi Senin (16/5/2022). 

Baca juga: Karena Kurang Komputer, UPI Libatkan Mitra untuk Gelar UTBK yang Digelar Besok

Saat ini, kata dia, sudah memasuki persiapan terakhir. Ia memastikan semuanya sudah lengkap termasuk protokol kesehatan dan workstationnya. 

“Kita total ada 79 ruangan yang terlibat tahun ini, semuanya beroperasi penuh. Kapasitasnya per hari beda-beda, karena ada sesi campuran dan reguler, tapi secara umum sekitar 700 unit PC standby setiap hari,” katanya. 

UPI kata dia, melayani calon mahasiswa tunanetra dan tunadaksa. Menurutnya, di Jawa Barat hanya UPI yang melayani tuna netra dan tuna daksa. 

“Mungkin di Kota Bandung atau Jawa Barat hanya kita. Untuk tunanetra itu difasilitasi satu sesi, pada sesi ke lima di hari Kamis, jadi tidak di setiap sesi. Pelaksanaannya hanya di UPI pusat dan pesertanya itu tuna netra ada 12 orang dan tunadaksa sekitar 10 orang,” ucapnya. 
 



#Calon #Mahasiswa #Akan #Jalani #UTBK #UPI #Digelar #Enam #Lokasi

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.