Antisipasi Wabah PMK ke Wilayah Jabar, Puluhan Ekor Sapi Asal Jatim Ditolak Masuk Jawa Barat

by -134 Views
Antisipasi Wabah PMK ke Wilayah Jabar, Puluhan Ekor Sapi Asal Jatim Ditolak Masuk Jawa Barat

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

Insannews.co.id,CIAMIS – Selama dua minggu terakhir Pos Pemeriksaan Lalu Lintas Ternak Randegan Banjar telah menolak masuknya 49 ekor sapi asal Probolinggo Jatim masuk wilayah Jabar.

Puluhan ekor sapi asal Probolinggo tersebut terindikasi gejala PMK di antaranya keluar ingusdari hidung,  sariawan dan suhu tubuh tinggi.

“Ada 49 ekor sapi asal Probolinggo Jatim yang kami tolak masuk wilayah Jabar saat melintas pos ini. Alasannya karena secara fisik diketahui berindikasi gejala PMK. Ada ingus meleleh dihidung, sariawan  dan suhu tubuh panas,” ujar Kepala Satuan Pelayanan (Satpel) Pos Pemeriksaan Lalu Lintas Ternak Banjar Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jabar, Utang Suparman kepada Tribun disela-sela sidak anggota Komisi II DPRD Jabar, Ir H Hery Dermawan ke pos pemeriksaan lalu lintas ternak (cek poin) di Jl Siliwangi (jalan raya Majenang KM 7,5)  Banjar Selasa (17/5) sore.

Ke-49 ekor sapi asal Probolinggo yang ditolak masuk wilayah Jabar tersebut menurut Utang, berada di 3 truk yang masuk wilayah Jabar pada waktu yang berbeda pada pekan pertama Mei lalu awal ramainya kabar PMK. Juga pada pekan ke-2 Mei   .

“Bahkan ada satu truk berisi 14 ekor sapi, semuanya bergejala PMK. Terpaksa kami pulangkan ke daerah asal. Ditolak masuk Jabar. Sapi-sapi tersebut bergejala PMK yang bisa dilihat dari kondisi fisik,” katanya.

Menurut Utang, pihaknya bingung kondisi sapi yang sudah bergejala tersebut bisa lolos pemberangkatan dari daerah asal yang memang daerah kasus wabah PMK. Yakni Probolinggo Jatim.

“Bahkan ke-49 ekor sapi tersebut dilengkapi dengan surat keterangan sehat hewan (SKKH),” ujar Utang.

Meski dilengkapi SKKH, menurut Utang, puluhan sapi bergejala PMK tersebut tetap ditolak masuk Jabar.

“Apakah sapi-sapi tersebut kembali ke daerah asal atau tidak. Kami tidak tahu persis. Kami tidak punya petugas pengawasan. Di sini hanya ada petugas pemeriksaan. Itupun jumlahnya terbatas. Di pos ini hanya ada 6 orang petugas. 3 orang diantaranya PNS, ada seorang dokterhewan. Itupun THL (tenaga harian lepas),” katanya.

Utang meyakini 70



#Antisipasi #Wabah #PMK #Wilayah #Jabar #Puluhan #Ekor #Sapi #Asal #Jatim #Ditolak #Masuk #Jawa #Barat

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.