Aturan Terbaru Berlaku 18 Mei 2022, Persyaratan Perjalanan Kini Lebih Longgar Termasuk Naik Pesawat

by -110 Views
Aturan Terbaru Berlaku 18 Mei 2022, Persyaratan Perjalanan Kini Lebih Longgar Termasuk Naik Pesawat

 

Insannews.co.id, JAKARTA – Bagi masyarakat yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19 lengkap, pemerintah melonggarkan persyaratan perjalanan domestik dan luar negeri, termasuk naik pesawat.

Aturan terbaru tersebut berlaku mulai 18 Mei 2022

“Bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap, maka sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes swab PCR maupun antigen,” kata Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers, Selasa (17/5/2022).

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah menghapus kewajiban menunjukkan hasil tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan domestik dan luar negeri yang telah divaksin dosis lengkap.

“Elaborasi arahan Presiden ini akan dituangkan dalam beberapa perubahan kebijakan pengendalian Covid-19, yaitu terkait pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri dan masa berlaku efektifnya per tanggal 18 Mei 2022,” ujar Wiku, dikutip dari setkab.go.id.

Wiku menambahkan, keputusan pelonggaran tersebut pemerintah ambil dengan menimbang perkembangan kasus Covid-19 nasional dan global terkini, serta tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.

“Walaupun pemerintah telah banyak kembali mengizinkan peningkatan aktivitas masyarakat, kita perlu tetap melanjutkan upaya vaksinasi dan budaya hidup bersih dan sehat lainnya seperti (penerapan) protokol kesehatan,” tegasnya.

“Karena sejatinya, pandemi belum resmi dinyatakan berakhir oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia),” ucap Wiku.

Sebelumnya, mengacu Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 dan 17 Tahun 2022, hanya yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atawa booster yang tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.



#Aturan #Terbaru #Berlaku #Mei #Persyaratan #Perjalanan #Kini #Lebih #Longgar #Termasuk #Naik #Pesawat

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.