Puan Apresiasi Pelonggaran Penggunaan Masker di Ruang Terbuka, Begini Pendapat Epidemiologi

by -246 Views
Puan Apresiasi Pelonggaran Penggunaan Masker di Ruang Terbuka, Begini Pendapat Epidemiologi

Insannews.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Puan Maharani mengapresiasi kebijakan pemerintah terkait pelonggaran penggunaan masker di tengah masyarakat.

Seperti yang telah diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, masyarakat bisa melepas maskernya jika berada di ruang terbuka.

Meski begitu, masyarakat harus selalu waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan perilaku hidup bersih. Hal ini diamini Juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril.

“Meski sudah diumumkan pelonggaran (memakar masker) itu, tetap akan ada kewajiban-kewajiban yang harus di pahami dan waspadai. Pelonggaran itu diikuti dengan kewajiban hidup bersih dan sehat,” jelas Syahril dalam keterangan persnya, Kamis (19/5/2022).

Sebagai informasi, pelonggaran boleh melepas masker hanya berlaku pada ruang terbuka yang tidak terlalu padat dengan orang.

Penggunaan masker masih tetap diharuskan apabila berada di ruang tertutup, transportasi publik, dan bagi mereka yang sedang sakit atau golongan masyarakat rentan.

Selain pelonggaran memakai masker, pemerintah juga melonggarkan aturan melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum. Masyarakat yang sudah divaksin lengkap bisa menggunakan moda transportasi udara, laut dan darat, tanpa harus tes polymerase chain reaction (PCR) maupun antigen.

Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina Pane turut menyoroti kebijakan tersebut.

“Kalau untuk luar negeri kami masih sepakat untuk melakukan PCR, terutama untuk negara-negara yang saat ini sedang mengalami peningkatan kasus. Tetapi untuk yang wisatawan dari dalam negeri, menurut saya kebijakan ini terlalu berbahaya,” ujar Masdalina.

Pembelajaran tatap muka



#Puan #Apresiasi #Pelonggaran #Penggunaan #Masker #Ruang #Terbuka #Begini #Pendapat #Epidemiologi

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.