Banjir Jatinangor dan Cimanggung, Erwan Setiawan Minta Gubernur Jabar Panggil Dua Bupati

by -46 Views
Banjir Jatinangor dan Cimanggung, Erwan Setiawan Minta Gubernur Jabar Panggil Dua Bupati

Laporan Kontributor TribunJabar.id, Sumedang, Kiki Andriana

Insannews.co.id, SUMEDANG – Banjir Jatinangor hingga Cimanggung masih jadi persoalan serius yang dihadapi Pemkab Sumedang.

Bukan hanya dua wilayah itu yang kena imbas dari luapan sungai, namun juga daerah-daerah lain di Kabupaten Bandung seperti Kecamatan Rancaekek hingga Cileunyi.

“Sebenarnya ini bukan hanya PR kami. Ini seharusnya Gubernur Jabar panggil Bupatu Sumedang dan Bupati Bandung untuk duduk bersama membahas banjir ini,” kata Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan di Sumedang, Kamis (19/5/2022). 

Diakuinya, bahwa hulu sungai yang jadi penyebab banjir di Jatinangor dan Cimanggung ada di Sumedang. Namun hilirnya ada di Kabupaten Bandung. 

Baca juga:  Dua Sepeda Motor Adu Banteng di Jatinangor Sumedang, Tiga Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Solusi yang mengemuka saat ini, kata dia, ada dua hal. Yakni dengan pembuatan danau retensi atau dengan normalisasi sungai yang menyeluruh. 

“Kita bahas pembuatan danau retensi untuk menanggulangi banjir, atau dengan memfungsikan kembali sungai sebagaimana seharusnya, yakni dengan normalisasi sungai,” katanya. 

Wakil Bupati Suemdang menyebut, pentingnya komunikasi antar kepala daerah. Soal normalisasi contohnya, jika hanya dilakukan Pemkab Sumedang atau Pemkab Bandung, hasilnya tidak akan maksimal sebab banjir bisa dipastikan masih terjadi. 

“Harus bersama-sama kita selesaikan,” kata Erwan Setiawan.



#Banjir #Jatinangor #dan #Cimanggung #Erwan #Setiawan #Minta #Gubernur #Jabar #Panggil #Dua #Bupati

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.