Kabupaten Indramayu Waspada Penyakit Kusta, Kenali Gejalanya dan Segera Periksa ke Puskesmas

by -18 Views
Kabupaten Indramayu Waspada Penyakit Kusta, Kenali Gejalanya dan Segera Periksa ke Puskesmas

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

Insannews.co.id, INDRAMAYU – Kabupaten Indramayu menjadi daerah endemik kasus kusta di Jawa Barat.

Pada tahun 2021, tercatat telah ditemukan kasus kusta sebanyak 194 kasus di Kabupaten Indramayu.

Sedangkan berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per tanggal 24 Januari 2022, jumlah kasus kusta terdaftar sekarang ini secara nasional ada sebanyak 13.487 kasus dengan penemuan kasus baru sebanyak 7.146 kasus.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Indramayu, Wawan Ridwan mengatakan, walau hanya menyumbang sebanyak 194 kasus secara nasional, akan tetapi Indramayu tercatat sebagai daerah yang mendominasi penyakit kusta di Jawa Barat.

Baca juga: Efek Penyakit Mulut dan Kuku, Pembeli Daging Sapi di Majalengka Jadi Rewel

“Artinya terdapat 1 kasus kusta pada setiap 2 desa di Indramayu,” ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Minggu (22/5/2022).

Wawan Ridwan menyampaikan, berdasarkan data tersebut, mengindikasikan bahwa penularan kusta di Indramayu masih berlangsung sehingga perlu penanganan khusus sebaik mungkin.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jawa Barat dr. Rifan Bahasantika menambahkan, selain mendominasi penyakit kusta sebanyak 194 kasus, di Indramayu juga masih terdapat kasus anak dan cacad sebanyak 19 kasus.

“Dengan kondisi ini menjadi indikator bahwa di Indramayu masih terdapat penularan penyakit kusta. Kusta merupakan salah satu penyakit yang diabaikan di Indonesia serta penyakit Kusta sebenarnya bisa disembuhkan,” ucapnya.

Rifan juga mengajak masyarakat untuk mengenali gejala-gejala kusta. Yakni mulai dari muncul bercak putih pada kulit, kulit bercak merah, kulit tidak gatal namun sakit, serta tidak sembuh dengan obat biasa.



#Kabupaten #Indramayu #Waspada #Penyakit #Kusta #Kenali #Gejalanya #dan #Segera #Periksa #Puskesmas

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.