Identitas Nama Minimal Dua Kata, Pemkab Ciamis Segera Sosialisaikan dan Inventarisasi Akta Kelahiran

by -213 Views
Identitas Nama Minimal Dua Kata, Pemkab Ciamis Segera Sosialisaikan dan Inventarisasi Akta Kelahiran

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

Insannews.co.id,CIAMIS – Beruntunglah warga yang dalam identitas resminya punya nama lebih dari satu kata dan kurang dari 60 huruf (karakter).

Karena hal tersebut sesuai dengan Ketentuan Pasal 4 dan Pasal 5 Permendagri No 73 tahun 2022 yang terbit tanggal 11 April 2022.

“Sesuai dengan ketentuan pasal 4 dan pasal 5 tersebut semua registrasi kependudukan  untuk nama minimal  2 kata. Dan tidak boleh lebih dari 60 karakter. Atau maksimal 60 huruf,” ujar Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Ciamis, Hj Tini Lastiniwati kepada Tribun Selasa (24/5).

Menyusul ketentuan Permendagri yang sudah diundangkan tersebut menurut Tini, Disdukcapil segera melakukan sosialisasi.

Serta Pemkab Ciamis akan menerbitkan surat edaran Bupati terkait ketentuan tentang identitas nama tersebut.

“SE Bupati akan segera diterbitkan. Dan disampaikan ketingkat kecamatan, desa/kelurahan sampai ke masyarakat. Dalam berbagai kegiatan, Disdukcapil akan melakukan sosialisasi ketentuan identitas nama minimal 2 kata tersebut,” katanya.

Sesuai dengan ketentuan nama identitas tersebut, menurut Hj Tini, bagi warga yang punya nama hanya satu kata sebelum Permendagri tersebut diundangkan tidak ada masalah.

“Ketentuan tersebut berlaku bagi penduduk yang pengajuan nama akte kelahirannya setelah Permendagri tersebut diundangkan,” ujar Tini.

Baca juga: Aturan Nama Harus Dua Kata, Kadisdukcapil Pangandaran Sebut Hanya Imbauan, Tak Usah Mengganti E-KTP

Selain melakukan sosialisasi, Disdukcapil Ciamis katanya juga segera melakukan inventarisir nama-nama pada akte kelahiran yang terbit setelah Permendagri No 73 Tahun 2022 tersebut terbit tanggal 11 April 2022.

“Kami akan segera inventarisir akte kelahiran yang terbit setelah adanya ketentuan Permendagri No 73 tahun 2022 tanggal 11 April 2022 tersebut,” katanya.

Bila ada akte kelahiran  yang identitas namanya hanya satu kata atau lebih dari 60 karakter huruf  menurut Tini, aktenya bisa dicabut setelah ada penetapan dari pengadilan (PN).

“Bila sudah ada  penetapan dari PN, akte kelahiran dengan identitas nama satu kata tersebut bisa dicabut. Dan diterbitkan akte kelahiran baru dengan identitas nama minimal 2 kata,” ucap Tini.

Ia menyebutkan juga di era sekarang ini jarang orangtua yang memberikan nama anaknya hanya dengan satu kata. Umumnya dua kata atau tiga kata.

Baca juga: Penerapan Aturan Nama Minimal Dua Kata di Sumedang, Hanya Berlaku untuk Bayi Baru Lahir

“Bagi yang mengajukan akte kelahiran mulai hari ini tentu sudah tidak ada lagi yang mengajukan identitas nama hanya satu (1) kata,” katanya. (*)



#Identitas #Nama #Minimal #Dua #KataPemkab #Ciamis #Segera #Sosialisaikan #dan #Inventarisasi #Akta #Kelahiran

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.