P2TP2A Cianjur: IPM Rendah Sumbang Tingkatkan Kawin Kontrak, Dorong Perbup Jadi Perda

by -15 Views
P2TP2A Cianjur: IPM Rendah Sumbang Tingkatkan Kawin Kontrak, Dorong Perbup Jadi Perda

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

Insannews.co.id, CIANJUR- Ketua harian Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Cianjur, Lidya Indayani Umar, mengatakan rendahnya indeks pembangunan manusia (IPM) turut menyumbang tingginya angka kawin kontrak.

Lidya mengatakan rendahnya IPM menghambat penyerapan informasi.

Merujuk pada IPM Kabupaten Cianjur yang rendah, karena tingkat pendidikan yang rendah, memicu rendahnya tingkat pemahaman dan kesadaran masyarakat.

“IPM Cianjur rendah SDM juga. Karena edukasi pendidikan rendah, informasi-informasi ini tidak ter-update, dan itu sangat berpengaruh. “Bagaimana mereka bisa paham?” ujar Lidya di Cianjur, Kamis (26/5/2022).

“Nah, ini kerja sama kita semuanya untuk menyampaikan hal-hal itu kepada masyarakat agar mereka paham terkait kawin kontrak yang sangat merugikan tentunya bagi kaum perempuan,” katanya.

Lidya mengatakan, ketika perempuan sudah masuk ke dalam kasus kawin kontrak, mereka akan sulit untuk melepaskan diri dari jeratan kasus tersebut.

Baca juga: Soal Kawin Kontrak Tegas Haram, Kasi Binmas Kemenag Cianjur Dukung Perbup Larangan Kawin Kontrak

“Kawin kontrak ini sudah terorganisasi, karena kalau tidak jadi kan takut diganti uang, kalau dalam undang-undang trafficking jeratan uang, tapi kalau istilah unsur trafficking-nya penganten pesanan,” kata Lidya.

Ia mengatakan “Perbup Pencegahan Kawin Kontrak” bisa didorong ke tingkatan yang lebih tinggi sehingga bukan hanya perbup yang tidak ada sanksinya.

“Selama ini Perbup kan tidak ada sanksi, menjadi tidak tegas, sementara kawin kontrak masih terjadi. Makanya kita harus segera menjadikan Perbup ini menjadi Perda sehingga ada ketegasan dalam menindak pencegahan kawin kontrak,” kata Lidya.



#P2TP2A #Cianjur #IPM #Rendah #Sumbang #Tingkatkan #Kawin #Kontrak #Dorong #Perbup #Jadi #Perda

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.