Cerita Ibu-ibu KUWAT Pupuk Kujang Seusai Latihan Menjahit, Bikin Tas Cantik hingga Hasilkan Cuan

by -18 Views
Cerita Ibu-ibu KUWAT Pupuk Kujang Seusai Latihan Menjahit, Bikin Tas Cantik hingga Hasilkan Cuan

Insannews.co.id,KARAWANG– Pupuk Kujang gelar pelatihan menjahit untuk ibu-ibu di sekitar Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang.

Belum lama ini, mereka menggelar pelatihan menjahit tas cantik. Ibu-ibu yang ikut pelatihan menjahit merupakan warga yang tinggal di sekitar Pupuk Kujang.

Agung Gustiawan, VP Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Pupuk Kujang menuturkan pelatihan ini sejalan dengan kebijakan CSR Pupuk Kujang yang memprioritaskan program pemberdayaan masyarakat.  

“Pupuk Kujang berkomitmen terus membuat program yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat terutama warga yang tinggal di dekat area perusahaan,” kata Agung, Jumat (27/5/2022). 

Baca juga: Pupuk Kujang Tindak Tegas Kios Pupuk yang Selewengkan Pupuk Subsidi

Ia menjelaskan, pihaknya juga membuat program Kujang Wanita Tangguh (KUWAT) sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat setelah mengikuti program tersebut. 

Seorang warga di sekitar kantor Pupuk Kujang ikut pelatihan menjahit yang digelar Pupuk Kujang dalam program Kuwat. (Istimewa)

Pelatihan menjahit tas cantik digelar sejak 23 hingga 25 Mei 2022 ini diikuti 20 peserta dari berbagai desa di ring 1 perusahaan. Selama tiga hari, para peserta dilatih oleh instruktur dari GOUKM hingga bisa membuat tas cantik.

Baca juga: Program Makmur Pupuk Kujang Siap Tingkatkan Produktivitas Tebu Hingga Untungkan Petani di Jabar

 “Sebelumnya kita berikan pelatihan membuat pakaian, sprei, bed cover hingga aksesoris, kali ini kita berikan pelatihan membuat tas cantik. Harapannya supaya keterampilan peserta terus bertambah dan bisa memperluas usaha mereka,” ujar Maisya Bani, inisiator atau local hero program KUWAT. 

Maisya menuturkan, pelatihan kali ini adalah bentuk konsistensi program KUWAT yang sudah berjalan selama dua tahun. 

“Kuwat ini menjadi tahun kedua dibina Pupuk Kujang, sebagai edukasi lanjutan setelah cukup mahir dalam produksi baju. Sekarang kita mau memperluas usaha bisnis dengan menambah produk yaitu tas cantik, kebetulan marketnya ada, ada juga penawaran, makanya kita adakan pelatihan ini,” kata Maisya. 

Pupuk Kujang gelar pelatihan menjahit untuk ibu-ibu di sekitar Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang.
Pupuk Kujang gelar pelatihan menjahit untuk ibu-ibu di sekitar Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang. (Istimewa)

Cerita Warga Punya Keahlian Menjahit

Setelah dua tahun Program KUWAT ini berjalan, tak sedikit peserta yang terbantu. Nurrohmah (45), misalnya, warga Desa Dawuan Tengah, Cikampek ini akhirnya bisa menambah cuan karena terampil menjahit. Ia bahkan bisa membantu perekonomian rumah tangga setelah pekerjaan suaminya kurang stabil saat pandemi.  

Baca juga: Taman Kehati Pupuk Kujang Raih Penghargaan Internasional, Bakal Jadi Taman Edukasi dan Konservasi

“Setelah menerima orderan menjahit, akhirnya bisa membantu perekonomian rumah tangga, bahkan bisa membantu biaya sekolah anak yang ingin masuk pesantren ke Gontor. Padahal dulu sempat tidak punya penghasilan,” katanya. 

Hal sama dialami Ida Royati (50) asal Kampung Poponcol, Desa Dawuan Tengah. Setelah ikut pelatihan, ia membuka usaha menjahit di rumahnya.  Berbekal keterampilan dari pelatihan menjahit, ia jadi bisa membuat kemeja, daster, gamis, baju koko dan baju anak. Sekarang nambah lagi jadi bisa membuat tas.

“Alhamdulillah sekarang bisa bikin baju, untuk sendiri juga untuk orang lain. Tentu bisa menambah ekonomi. Di sini juga masih dibimbing, dikasih binaan untuk menghasilkan uang, dikasih kerjaan seperti membuat masker, totebag, Alhamdulillah sekarang bisa membantu perekonomian,” ujar wanita dengan 6 cucu ini. (ADV)



#Cerita #Ibuibu #KUWAT #Pupuk #Kujang #Seusai #Latihan #Menjahit #Bikin #Tas #Cantik #hingga #Hasilkan #Cuan

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.