Enam Sapi di Majalengka Terjangkit PMK, Berawal Dari Satu Sapi yang Baru Datang

by -504 Views
Enam Sapi di Majalengka Terjangkit PMK, Berawal Dari Satu Sapi yang Baru Datang

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Eki Yulianto

Insannews.co.id, MAJALENGKA– Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ditemukan di salah satu peternakan warga di Kabupaten Majalengka. Ada 6 sapi yang terjangkit PMK.

Kini sapi yang terjangkit PMK itu sedang dalam masa pemulihan, di mana sudah dalam seminggu terakhir ini, 6 sapi tersebut dalam penanganan dokter hewan secara intens.

Peternak sapi, Rosyadi (52) mengaku dari 6 sapi yang terjangkit PMK itu, berasal dari salah satu sapi yang baru datang 11 hari lalu.

Di mana, pada hari kedua kedatangan sapi itu, terlihat ada indikasi berpenyakit.

“Jadi salah satu sapi saya yang datang 11 hari lalu itu, awalnya sehat. Tapi pas hari kedua, tiba-tiba gak mau makan. Pas diperiksa dokter hewan, ternyata terjangkit virus PMK,” ujar Rosyadi saat ditemui di kandang sapi miliknya di Kelurahan Babakan Jawa, Kecamatan/Kabupaten Majalengka, Sabtu (28/5/2022).

Baca juga: Gaji PNS Kecil, Enam Warga Majalengka Mundur dari CPNS, Tak Bisa Ikut Tes Tahun Depan

Penyakit mulut dan kuku yang diderita salah satu sapi itu, jelas dia, akhirnya menular ke-5 sapi lain miliknya. Sehingga, kini totalnya ada 6 sapi yang dipastikan terjangkit PMK.

“Ya sekarang ada 6, tapi Alhamdulillah sekarang sudah mendingan. Awal-awal mah gak pada mau makan, tapi sekarang makannya sudah lahap, sudah intens dikasih vitamin juga,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, salah satu tanda fisik yang diderita sapi akibat terjangkit PMK, yakni kakinya yang terdapat sejumlah luka.

Selain itu, para sapi-sapi tersebut juga terus mengeluarkan air liur dalam jumlah banyak.

“Sudah 3 kali diperiksa sama dokter hewan. Katanya sapi yang nularin PMK itu harus dipisahkan, nah saya sudah pisahkan. Ini juga Alhamdulillah sudah dalam proses penyembuhan,” jelas dia.

Kini, sambung Rosyadi, dirinya lebih sering membersihkan kandang sapi miliknya untuk mencegah penularan PMK yang lebih luas.

Diketahui, di dekat kandang sapi miliknya, terdapat juga banyak kandang sapi milik warga lainnya.



#Enam #Sapi #Majalengka #Terjangkit #PMK #Berawal #Dari #Satu #Sapi #yang #Baru #Datang

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.