Media Rusia Sebut Ada Lab di Tengah Perkampungan Padat di Jakarta, Tempat Virus Berbahaya Disimpan

by -94 Views
Media Rusia Sebut Ada Lab di Tengah Perkampungan Padat di Jakarta, Tempat Virus Berbahaya Disimpan

Insannews.co.id , JAKARTA – Media resmi pemerintahan Rusia Sputnik menyebut ada laboratorium biologis di Indonesia.

Laboratorium biologis tersebut disebut milik NAMRI-2, angkatan laut Amerika Serikat.

Laboratorium tersebut diduga tempat patogen dan virus berbahaya disimpan.

Sputnik menyebut laboratorium tersebut berada di Jalan Percetakan Negara. Lokasinya berada di tengah perkampungan padat dan jalan yang sempit.

Baca juga: Tes PCR Dipatok dengan Harga Rp 600 Ribu, Begini Nasib Laboratorium Swasta di Pontianak

Kemungkinan besar tidak banyak orang yang tahu bahwa laboratorium tersebut sudah berdiri selama 40 tahun karena bentuk fisik bangunannya berupa rumah dan remang-remang.

Unit Penelitian Medis Angkatan Laut AS (NAMRU) berdiri di Guam pada tahun 1955 di bawah yayasan Rockefeller. Sedangkan detasemen NAMRU-2 di Jakarta telah dibuka pada tahun 1970 untuk mempelajari penyakit menular yang berpotensi menyerang militer-militer AS di Asia.

Menurut Dr Siti Fadilah Supari, seorang spesialis kardiologi yang menjabat sebagai menteri kesehatan Indonesia dari 2004 hingga 2009, kemanjuran keseluruhan penelitian Amerika dipertanyakan.

“Meskipun mereka fokus pada malaria dan tuberkulosis, hasilnya selama 40 tahun di Indonesia tidak signifikan”, kata Siti Fadilah dikutip dari Sputnik, Sabtu (28/5/2022).

Dia menambahkan bahwa perjanjian antara Indonesia dan AS tentang pendirian laboratorium berakhir pada 1980. Siti Fadilah juga menyebutkan kurangnya keterlibatan yang dari staf kesehatan Indonesia dalam proyek laboratorium tersebut sebagai alasan lain yang perlu dikhawatirkan.

“Tetapi kemungkinan memperoleh spesimen dari pasien menular untuk tujuan penelitian dan mengangkutnya ke luar negeri oleh staf Amerika dengan status diplomatik, mungkin, adalah bendera merah terbesar bagi menteri,” kata Siti Fadilah.



#Media #Rusia #Sebut #Ada #Lab #Tengah #Perkampungan #Padat #Jakarta #Tempat #Virus #Berbahaya #Disimpan

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.