Petani Jambu di Majalengka Diberi Pelatihan Atasi Panen Melimpah dan Anjloknya Harga

by -20 Views
Petani Jambu di Majalengka Diberi Pelatihan Atasi Panen Melimpah dan Anjloknya Harga

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

Insannews.co.id, MAJALENGKA – Para petani jambu di Desa Jayi, Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka diberi pelatihan mengatasi panen yang melimpah dan mengantisipasi anjloknya harga.

Seperti diketahui selama ini, saat panen jambu terjadi, banyak petani jambu yang kebingungan karena tidak semua jambu yang panen terjual habis ke pasaran.

Sehingga, jambu-jambu tersebut dibiarkan membusuk di kebun.

Baca juga: Petani Muda di Cianjur Hasilkan Cuan Rp 50 Juta per Bulan, Konsepnya Sederhana Hanya via Online Ini

Mengatasi hal itu, Departemen Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) hadir memberi pelatihan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Ketua Departemen Pendidikan Masyarakat UPI, Asep Saepudin mengatakan, bentuk program pengabdian yang dilaksanakan ialah pelatihan bagi masyarakat.

Hal itu berkaitan dengan pengembangan ekonomi kreatif, pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kreatif dan pariwisata.

Pihaknya memilih Desa Jayi sendiri dikarenakan di wilayah tersebut memiliki lahan jambu kristal seluas luas 12 hektar dan dalam satu kali panen bisa mencapai 4 ton.

“Sekarang persoalannya bagaimana produk dari jambu kristal yang seluas itu, bisa dimanfaatkan dan dioptimalkan. Jangan sampai nanti setelah dipanen dibuang.”

“Harus perlu ada upaya untuk mengolah sampai kepada mempromosikan dan mendistribusikan dan dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat dikasih materi pengetahuan bagaimana jambu kristal ini dibuat produk-produk makanan yang bisa tahan lama dan bervariatif, apakah itu kripik apakah itu selai, apa itu diasam, manisan dan lain sebagainya,” ujar Asep kepada awak media, Sabtu (28/5/2022).

Baca juga: Wagub Jabar Dorong Petani Generasi Zilenial Mampu Bangkitkan Jawa Barat Swasembada Pangan



#Petani #Jambu #Majalengka #Diberi #Pelatihan #Atasi #Panen #Melimpah #dan #Anjloknya #Harga

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.