Puluhan Sapi yang Terjangkit PMK di Bandung Barat Sembuh Setelah Diisolasi

by -20 Views
Puluhan Sapi yang Terjangkit PMK di Bandung Barat Sembuh Setelah Diisolasi

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

Insannews.co.id, BANDUNG BARAT- Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispernakan), Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan, puluhan sapi yang sempat terjangkit wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) sudah dinyatakan sembuh.

Ada 30 sapi di KBB yang terjangkit PMK dan tersebar di Kecamatan Lembang, Cisarua, Batujajar, dan Cipeundeuy. Bahkan ada dua sapi yang terpaksa dipotong untuk mencegah penularan yang lebih banyak.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dispernakan KBB, Wiwin Aprianti mengatakan puluhan sapi tersebut kini sudah sembuh setelah ditangani intensif dengan cara diisolasi dan pengobatan.

“Akhirnya semuanya hewan ternak (sapi) yang sempat terkena PMK, sudah sembuh dan tidak ada laporan lagi soal temuan kasus ini di KBB,” ujarnya saat dihubungi, Minggu (29/5/2022).

Untuk saat ini, kata Wiwin, Dispernakan tinggal menunggu tersedianya vaksin bagi hewan ternak yang ada di KBB untuk meminimalisasi terjadinya penyebaran wabah PMK tersebut.

Baca juga: Ada 6 Sapi di Majalengka Terjangkit PMK, Sampel Sejumlah Ternak Diperiksa, DKP3: Masih Nunggu Hasil

Ia mengatakan, pengajuan jumlah vaksin bagi hewan ternak tersebut sudah diusulkan ke Pemprov Jabar dan Dispernakan KBB tinggal menunggu realisasi.

“Kami mengusulkan 30 ribu dosis vaksin, semua akan sapi divaksin. Jika masih ada sisa vaksin, akan divaksinasi ke domba dan kambing yang juga rentan terpapar,” kata Wiwin.

Wiwin mengatakan, jika usulan 30 ribu vaksin tersebut disetujui oleh Pemprov Jabar, maka bisa mengkover untuk vaksinasi terhadap semua hewan ternak yang ada di Bandung Barat.

Untuk saat ini, kata Wiwin, jumlah populasi sapi potong impor di Bandung Barat ada 1.316 ekor dan populasi sapi potong lokal jumlahnya sekitar 510 ekor dan di peternak ada 700 ekor tersebar di 16 kecamatan. 

“Kalau populasi sapi perah di KBB ada 27.166 ekor, tersebar di KPSBU Lembang sebanyak 19.712, KUD Puspamekar 2.054, KUD Sarwamukti 2.000, Barokah 600, Alam Sukawana 400, Lembah Kemuning 800, Kurnia Rahayu 800, dan CV Pratama 800 ekor,” ucap Wiwin.



#Puluhan #Sapi #yang #Terjangkit #PMK #Bandung #Barat #Sembuh #Setelah #Diisolasi

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.