TELAH Lahir Bayi Burung Garuda, Sebentar Lagi Jadi Penguasa Langit Gunung Ciremai

by -20 Views
TELAH Lahir Bayi Burung Garuda, Sebentar Lagi Jadi Penguasa Langit Gunung Ciremai

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

Insannews.co.id,KUNINGAN -Bayi Elang Jawa di Gunung Ciremai lahir bertepatan dengan momentum Hari Lahir Pancasila. Burung itu dikenal dengan burung garuda.

Burung garuda sendiri jadi simbol negara dan jadi lambang Pancasila. Dalam waktu dekat, bayi Elang Jawa atau bayi Burung Garuda itu bisa mengudara di langit Gunung Ciremai.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC), Tegus Setiawan menjelaskan, berdasarkan morfologinya, Elang Jawa yang juga kerap disebut burung garuda termasuk penguasa udara di kawasan hutan. Termasuk di Gunung Ciremai.

Berdekatan dengan hari lahir Pancasila, bayi Elang Jawa menetas. Tak hanya kali ini, sang predator udara cilik ini lahir.

“Pada tahun 2020 dan 2021, lahir Covid dan Sakti. Kedua elang tersebut sudah mengudara dengan gesit di langit Gunung Ciremai sebagai individu remaja,” ujar Teguh Setiawan, Rabu (1/6/2022).

Baca juga: MELIHAT Kamar Tahanan yang Pernah Dihuni Bung Karno di Lapas Sukamiskin

Elang jawa merupakan salah satu spesies kunci (keyspecies) yang menjadi perhatian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Hasil monitoring terus dilakukan oleh tim Elang Jawa BTN Gunung Ciremai dengan seksama dan sangat hati-hati mengingat masa pengeraman merupakan bagian penting dalam siklus hidup burung pemangsa dalam menjaga kelestarian spesiesnya,”ujarnya.

Burung elang jawa saat hendak dievakuasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat di tempat praktik salah satu dokter hewan di Jalan Soekarno-Hatta Indramayu, Kamis (11/11/2021). (Tribun Cirebon/ Handhika Rahman)

Peristiwa lahirnya bayi burung Garuda itu bermula saat pihaknya menemukan induk Elang Jawa mengerami telur pada 21 April 2022. 

Kemudian pada 30 Mei 2022, pihaknya juga menemukan perjumpaan induk dan anakan Elang Jawa dengan perkiraan usia sekitar  minggu.



#TELAH #Lahir #Bayi #Burung #Garuda #Sebentar #Lagi #Jadi #Penguasa #Langit #Gunung #Ciremai

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.