Pemberangkatan Ratusan Calon Jamaah Haji dari KBB Dibagi 2 Kloter, Ini Jadwalnya

by -18 Views
Akibat Batasan Usia, Seratusan Calon Haji di Karawang Gagal Berangkat Tahun Ini

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

Insannews.co.id, BANDUNG BARAT – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan pemberangkatan 512 calon jemaah haji asal KBB akan dibagi menjadi dua kelompok terbang (kloter).

Rencananya untuk kloter 23 akan diberangkatkan dari KBB pada 20 Juni 2022, kemudian akan terbang dari Jakarta pada 21 Juni 2022, sedangkan untuk kloter 37 akan berangkat pada 28 Juni 2022 mendatang.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag KBB, Didin Saepudin, mengatakan, untuk calon jemaah haji yang akan berangkat harus menjaga kondisi kesehatan dan fisiknya dengan istirahat yang cukup.

Baca juga: Kapan Jadwal Keberangkatan Haji Indonesia? Simak di Sini Beserta Jadwal untuk Calon Jemaah Bandung

“Jadwal keberangkatan calon jemaah haji sudah ada, oleh karenanya mereka harus menjaga kesehatan agar pada saat berangkat kondisinya prima dan tidak terpapar Covid-19,” ujar Didin saat dihubungi, Minggu (5/6/2022).

Ia mengatakan, menjelang keberangkatan nanti mereka jangan sampai sakit atau terpapar Covid-19 yang bisa merugikan mereka karena pemerintah Arab Saudi sangat ketat melakukan screening.

Terkait adanya risiko calon jamaah haji yang terpapar Covid-19 sebelum berangkat, pihaknya sudah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan KBB dan instansi lainnya.

“Pemberangkatan calon jemaah haji ini berkaitan dengan Kemenkes, Kemenlu, imigrasi dan berbagai pihak terkait lainnya. Makanya kami juga terus komunikasi lintas sektor,” katanya.

Sementara jika ada calon jamaah haji yang diketahui terkonfirmasi positif, maka pihaknya bakal memberikan treatment lebih awal supaya pada saat H-1 atau H-2 sebelum berangkat sudah bisa negatif dan bisa terbang ke tanah suci.

“Nanti itu menjadi ranah Dinas Kesehatan, karena pastinya ada treatment khusus agar keberangkatannya tidak tertunda,” ucap Didin.

Baca juga: Jemaah Haji Berisiko Tinggi Dipasangi Wristband, Kloter Pertama Ada 12 Orang, Ini Fungsinya

Seperti diketahui, jumlah kuota normal jamaah haji dari Bandung Barat sekitar 1.112 orang, tetapi dengan adanya pembatasan dari Pemerintah Arab Saudi mengakibatkan kuota jamaah tahun ini hanya 516 orang.



#Pemberangkatan #Ratusan #Calon #Jamaah #Haji #dari #KBB #Dibagi #Kloter #Ini #Jadwalnya

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.