6.000 Tenaga Honorer Terancam Nganggur, Bupati Ciamis Sebut Pegawai Ini Sangat Membantu Pekerjaan

by -13 Views
6.000 Tenaga Honorer Terancam Nganggur, Bupati Ciamis Sebut Pegawai Ini Sangat Membantu Pekerjaan

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

Insannews.co.id,CIAMIS – Rencana pemerintah pusat meniadakan tenaga honorer di semua unit kerja pemerintahan mulai November 2023 nanti membuat nasib sekitar 6.000 tenaga honorer di lingkup Pemkab Ciamis terancam. Sebagian besar adalah tenaga pendidik (guru).

“Padahal keberadaan tenaga honorer sangat membantu. Terlebih di bidang pendidikan (guru). Tapi kalau keputusan pemerintah pusat demikian, kami di daerah akan mengikuti,” ujar Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya menjawab pertanyaan wartawan seusai penyerahan uang kadeudeuh bagi PNS yang memasuki masa purna bakti (pensiun) di Gedung Islamic Center, Selasa (7/6) siang.

Selama 10 tahun moratarium penerimaan PNS, Ciamis menurut Bupati Hediat telah mengalami kekurangan 6.000 sampai 7.000 PNS.

Karena setiap tahun ada 600 sampai 700 orang PNS yang memasuki masa pensiun. Terbanyak dari kalangan pendidikan (guru).

Dengan adanya kekurangan ribuan tenaga PNS tersebut katanya keberadaan tenaga honorer dan tenaga kontrak sangat membantu jalannya pemerintahan.

Baca juga: Sebut Tenaga Honorer Masih Dibutuhkan, Wagub Jabar Minta Kebijaksanaan dari Pemerintah Pusat

Tidak hanya di bidang pendidikan, tetapi juga di bidang lainnya, seperti kesehatan, hingga layanan administrasi.

Bila keberadaan tenaga honorer ditiadakan, Bupati Herdiat mengharapkan adanya penerimaan ASN/PNS secepatnya demikian pula penambahan tenaga P3K.

“Sekarang di Ciamis sudah diangkat 1.600 orang tenaga P3K (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja).Keberadaan mereka sangat membantu. Terutama dibidang pendidikan. Meski masa kontrak kerja mereka bisa diperbaharui tiap tahun. Untuk untuk di Ciamis selama 5 tahun kedepan tidak ada pemutusan kontrak kerja bagi P3K,” tegas Bupati Herdiat.

410 Orang Pensiun

Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya pada Selasa (7/6/2022) siang tersebut menyerahkan uang kedeudeuh bagi 410 orang PNS anggota Kropri Ciamis yang memasuki masa pensiun (purna bhakti) pada kurun waktu November  2021 hingga   Mei 2022. Setiap PNS yang memasuki masa pensiun tersebut menerima uang kadeudeuh. Berikut uang duka bagi ahli waris 57 orang PNS yang meninggal pada kurun waktu yang sama.

Baca juga: Nasib Tenaga Honorer, Resmi Dihapus 2023, Pemerintah Hanya Akui PNS & PPPK, Ini Isi Surat Menpan RB

“Uang kadedeuh dan uang duka tersebut berasal dari anggota Kropri untuk anggota Kropri. Dari anggota untuk anggota. Meski sudah memasuki masa pensiun, sesama anggota Kropri  tetap terjaga silaturahminya,” harap Bupati Herdia Sunarya. (*)



#Tenaga #Honorer #Terancam #Nganggur #Bupati #Ciamis #Sebut #Pegawai #Ini #Sangat #Membantu #Pekerjaan

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.