Menjelang Idul Adha di Tengah Wabah PMK, Wagub Jabar Ingatkan Warga Jangan Tergiur Harga Sapi Murah

by -13 Views
Enam Sapi di Majalengka Terjangkit PMK, Berawal Dari Satu Sapi yang Baru Datang

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

Insannews.co.id, BANDUNG BARAT – Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengingatkan masyarakat untuk tidak tergiur dengan harga yang murah saat membeli hewan ternak untuk kebutuhan Idul Adha di tengah gempuran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal tersebut untuk mencegah adanya penyembelihan hewan ternak terutama sapi yang terjangkit PMK, sehingga masyarakat harus lebih selektif dalam memilih hewan ternak untuk kurban saat Idul Adha nanti.

“Saya minta masyarakat jangan mentang-mentang (harga hewan ternak) murah, terus yang menjualnya dari saudara, dan tetangga atau teman lalu dibeli,” ujar Uu saat ditemui di Lembang, Selasa (7/6/2022).

Uu mengatakan, masyarakat yang membeli hewan ternak ditengah wabah PMK harus melakukan pengecekan kesehatan hewannya terlebih dahulu karena jika daging hewan yang terjangkit PMK dikonsumsi bisa berbahaya.

“Kalau (daging) dimakan sama masyarakat banyak berbahaya, nanti penyakitnya bisa kena dong sama kita,” katanya.

Sementara untuk mencegah adanya hewan ternak terjangkit PMK yang disembelih saat Idul Adha nanti, Pemprov Jabar sudah menyiapkan aturan-aturan tertentu.

Aturan tersebut, kata Uu, di antaranya hewan yang dijual untuk disembelih saat Idul Adha harus memiliki sertifikat kesehatan lulus uji dan pihaknya juga telah membentuk Satgas.

Baca juga: Peternak Sapi di Cirebon Yakin Sapinya Laris Manis Jelang Iduladha Meski Ada Ancaman PMK

“Hewan yang datang (dari luar daerah) kesini harus dites kesehatan, kemudian di pos perbatasan harus distop dan dilihat dulu. Kalau sekarang lagi vaksin dan melihat kandang-kandang yang ada,” ucap Uu.

Sementara terkait stok untuk kebutuhan Idul Adha nanti, Uu menyebutkan masih kurang karena berdasarkan hasil pengecekan masih banyak kandang milik penjual sapi yang kosong.

“Kemarin saya melihat beberapa kandang yang biasanya isi 400 hanya ada tiga ekor. Padahal dalam satu kandang sudah didatangi 100 pembeli untuk dijual lagi yang biasa dijajakan di pinggir jalan, belum lagi didatangi panitia kurban,” kata Uu. (*)

Baca juga: Menjekang Idul Adha Peternak Stres, Sapi Positif PMK di Kota Bandung Mati, Puluhan Diduga PMK



#Menjelang #Idul #Adha #Tengah #Wabah #PMK #Wagub #Jabar #Ingatkan #Warga #Jangan #Tergiur #Harga #Sapi #Murah

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.