Sistem Persinyalan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Tiba, Akan Dipasang Bulan Depan

by -19 Views
Sistem Persinyalan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Tiba, Akan Dipasang Bulan Depan

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

Insannews.co.id, BANDUNG – Peralatan untuk kebutuhan sistem Persinyalan (signaling), komunikasi dan informasi proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) sudah tiba di Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Priok pada akhir Mei lalu.

Peralatan-peralatan yang tiba itu adalah bagian dari control system pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung atau KCJB.

Kokpit atau ruang kendali kereta cepat (ist/tribun jabar)

Peralatan itu dikemas dalam 23 kontainer dan merupakan pengiriman pertama untuk kebutuhan sistem persinyalan, komunikasi dan informasi proyek KCJB.

Datangnya peralatan sistem kontrol ini menjadi salah satu upaya untuk menyambut trial run pada akhir 2022 mendatang dan operasional pada pertengahan 2023.

“Alhamdulillah salah satu equipment penting untuk kebutuhan control system KCJB sudah tiba pada 28, 30, dan 31 Mei lalu. Semua equipment tersebut akan mulai dipasang secara bertahap di bulan Juli, dengan target pemasangan paralel dengan test commissioning,” ujar GM Corporate Secretary PT KCIC, Rahadian Ratry, Selasa (7/6).

Rahadian menjabarkan bahwa peralatan yang datang tersebut terdiri dari Signaling System berupa Choke Transformer, Digital Signal Cable, Signal Box, dan Signal Cable. Lalu pada Communication System berupa Leaky Coaxial Cable, Power Divider, Coupler, dan GPS Signal. Terakhir ada Information System berupa Coaxial Cable, Television Amplifier, dan Television 1,2,3,4 way coupler.

“Ketiga jenis kebutuhan yang sudah tiba semuanya sudah sangat modern dan merupakan teknologi yang berstandar kereta cepat dunia,” katanya.

Adapun sistem telekomunikasi yang digunakan untuk operasional KCJB akan menggunakan sistem CTSC-3 yang didasari pada komunikasi nirkabel GSM-R untuk menghasilkan sistem komunikasi dua arah yang baik antara kereta cepat dengan equipment untuk control system di sepanjang lintasan. 

Peralatan yang dipakai pada sistem CTSC-3 ini terdiri dari tiga bagian utama yang meliputi On Board Equipment, Wayside Equipment, dan CTC yang dipasang di Tegalluar. Lalu, Sistem CTCS-3 KCJB pun didukung oleh sistem CTCS-2 untuk meningkatkan kelancaran komunikasi.



#Sistem #Persinyalan #Kereta #Cepat #JakartaBandung #Sudah #Tiba #Akan #Dipasang #Bulan #Depan

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.