DKP3 Majalengka Pastikan Kasus PMK Sudah Nihil Menjelang Idul Adha, Ternyata Peternak Berikan Ini

by -15 Views
Enam Sapi di Majalengka Terjangkit PMK, Berawal Dari Satu Sapi yang Baru Datang

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

Insannews.co.id, MAJALENGKA – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Majalengka memastikan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) menjelang Idul Adha sudah nol kasus atau nihil.

Hal itu setelah beberapa pekan sebelumnya, terdapat beberapa hewan yang terindikasi terjangkit penyakit tersebut.

Namun setelah melakukan karantina dan diobati secara intensif oleh dokter hewan DKP3, hewan ternak sapi tersebut sudah dinyatakan sembuh.

Kepala DKP3 Majalengka, Iman Firmansyah mengatakan, pihaknya sempat kebingungan lantaran adanya sejumlah hewan ternak sapi yang terindikasi PMK.

Namun, berkat kesigapan para dokter hewan dan ketekunan peternak untuk terus memberikan vitamin dan memberi obat tradisional, hewan hewan ternak itu kini sudah dalam keadaan sehat.

“Kami telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa hewan ternak dan memang terindikasi, tapi Alhamdulillah saat ini sudah sembuh.”

“Ini berkat dokter kami yang tanggap dan juga peternak yang telah mendengarkan saran dari kami untuk membuat obat tradisional ramuan herbal dari kunyit, tetesan tebu dan lain sebagainya,” ujar Iman kepada Tribun, Rabu (8/6/2022).

Baca juga: Menjelang Idul Adha di Tengah Wabah PMK, Wagub Jabar Ingatkan Warga Jangan Tergiur Harga Sapi Murah

Dia menyebutkan, sebelumnya terdapat ribuan hewan ternak di Majalengka yang terindikasi PMK.

Terindikasi itu muncul, setelah adanya bentuk fisik pada hewan seperti luka-luka dan mengeluarkan air liur di hidungnya.

Dari banyaknya hewan ternak itu, lokasi ternak di Desa Mekarjaya dan Kelurahan Babakan Jawa menjadi daerah yang paling banyak terindikasi.

“Kami telah mengindikasikan ada sekitar 10 ribu hewan ternak yang kemarin kami perhatikan terindikasi PMK. Sebagian kami telah ambil sampel untuk dibawa ke laboratorium di Subang dan Alhamdulillah semuanya negatif,” ucapnya.

Kendati nihil kasus PMK, pihaknya masih tetap mewaspadai terkait kedatangan hewan, khususnya dari luar daerah.

Pihaknya juga masih mendirikan posko pengaduan di kantor dinas sebagai bentuk antisipasi jika ada laporan hewan yang kembali terindikasi PMK.

Baca juga: Wabah PMK Menyebar Cepat di Kabupaten Bandung, Seribu Lebih Hewan TernakTerjangkit

“Semoga menjelang Idul Adha ini, kami tetap nol kasus PMK. Soalnya ini juga berdampak juga bagi peternak-peternak kami yang merasa mengalami kerugian penjualan karena menurunnya jumlah pembeli,” ujar dia. (*)



#DKP3 #Majalengka #Pastikan #Kasus #PMK #Sudah #Nihil #Menjelang #Idul #Adha #Ternyata #Peternak #Berikan #Ini

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.