Kekerasan Anak dan Perempuan di KBB Masih Marak, Kasusnya Hampir Merata Muncul di Setiap Kecamatan

by -16 Views
Kekerasan Anak dan Perempuan di KBB Masih Marak, Kasusnya Hampir Merata Muncul di Setiap Kecamatan

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

Insannews.co.id, BANDUNG BARAT – Kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan seperti pelecehan seksual, KDRT, dan pencabulan, hingga saat ini masih marak terjadi di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) KBB, mencatat selama tahun 2022 ini sudah menerima 28 laporan terkait dengan kasus perempuan dan anak tersebut.

Kepala DP2KBP3A, Kabupaten Bandung Barat, Eriska Hendrayana mengatakan, dari 28 laporan tersebut kasusnya ada yang sudah ditangani dan bahkan pelakunya sudah diproses secara hukum.

“Kasusnya merata di hampir semua kecamatan baik di wilayah perkotaan ataupun perkampungan,” ujarnya di Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Rabu (8/6/2022).

Ia mengatakan, banyaknya laporan kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan tersebut, setelah pihaknya membuat hotline pelaporan seusai melaunching program Gerakan Perlindungan Perempuan dan Anak (Geprak). 

“Itu menunjukkan jika masyarakat sudah berani untuk melapor kasus yang terjadi di lingkungannya. Semoga ini menjadi triger agar kasus seperti itu tidak terjadi dan tidak banyak lagi korban,” kata Eriska.

Menurutnya, kasus kekerasan pada perempuan dan anak, seperti kasus pencabulan penanganannya membutuhkan waktu yang lama, sehingga untuk ke depan jumlah kasus seperti ini diharapkan bisa terus ditekan.

Atas hal tersebut, kata dia, dengan adanya program Geprak ini memang untuk mendorong masyarakat supaya mereka berani speak up, dan berani melaporkan atas kejadian yang menimpanya.

“Harus berani melapor agar pelakunya diadili dan masyarakat jadi waspada agar kasus itu tidak terjadi di lingkungan mereka,” ucapnya. (*)



#Kekerasan #Anak #dan #Perempuan #KBB #Masih #Marak #Kasusnya #Hampir #Merata #Muncul #Setiap #Kecamatan

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.