Tiket Candi Borobudur Naik, Guru Besar: Bikin Sirkuit Triliunan Bisa, Jaga Warisan Kenapa Tidak Bisa

by -357 Views
Tiket Candi Borobudur Naik, Guru Besar: Bikin Sirkuit Triliunan Bisa, Jaga Warisan Kenapa Tidak Bisa

Insannews.co.id, JAKARTA – Guru Besar Ilmu Pariwisata STP Tri Sakti, Prof Azril Azhari menilai Tiket Masuk Candi Borobudur saat ini sebesar Rp 50 ribu masih bisa dipertanyakan.

Menurut Azril, dengan tiket sebesar Rp 50 ribu, belum banyak informasi dan edukasi yang didapatkan wisatawan.

“Pembatasan (pengunjung) mutlak, namun kalau dikaitkan dengan harga, dengan Rp 50 ribu sekarang saja, itu masih bisa kita pertanyakan, apa sudah tepat atau belum?” ungkap AZril saat menjadi narasumber talkshow Tribunnews.com, Rabu (8/6/2022).

Azril yang juga menjadi Ketua Ikatan Cendikiawan Pariwisata Indonesia (ICPI) mencontohkan, untuk berkunjung ke Piramida di Mesir, pengunjung harus merogoh kocek cukup dalam.

“Tapi kita dapat layanannya, yaitu suatu pertunjukan tontonan yang disebut sound and light, itu bagus sekali menggunakan permainan teknologi.”

“Ada cerita bagaimana Piramida dibangun dengan sound and light itu,” ungkapnya.

Candi Borobudur. (Indonesia.travel)

Azril lantas membandingkannya dengan Candi Borobudur, yang mana pengunjung dinilai belum mendapatkan pelayanan yang cukup.

“Kita apa? Apa mau disuguhkan dengan tarian? Jangan, salah. Dikasih makanan juga salah.”

“Yang disajikan harusnya adalah, sampai detik ini, belum ada mau masuk Borobudur, dipertunjukkan secara visual bagaimana berdirinya Borobudur, hanya diceritakan oleh pemandu, itu pun tidak semua diberikan.”

“(Tiket masuk) Rp 50 ribu saja, apa yang didapatkan visitor kita? Apakah ada suatu tempat yang sebelum kita masuk kumpul dulu di sana, disajikan cerita visualisasi mengenai Borobudur, hanya dikasihkan brosur aja,” bebernya.



#Tiket #Candi #Borobudur #Naik #Guru #Besar #Bikin #Sirkuit #Triliunan #Bisa #Jaga #Warisan #Kenapa #Tidak #Bisa

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.