Dinas Pertanian Cirebon Kesulitan Isolasi Ratusan Sapi yang Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku

by -650 Views
Puluhan Sapi yang Terjangkit PMK di Bandung Barat Sembuh Setelah Diisolasi

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

Insannews.co.id, CIREBON- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Asep Pamungkas, mengakui kesulitan mengisolasi ratusan sapi yang terjangkit penyakut mulut dan kuku (PMK).

Pasalnya, jumlah dan luas kandang ternak di Kabupaten Cirebon terbatas sehingga sapi yang terjangkit PMK hanya ditempatkan agak jauh dengan sapi lainnya meski masih di kandang yang sama.

Dinas Pertanian tetap berupaya maksimal mengobati sapi yang telah terjangkit PMK dan para dokter hewan dari pusat kesehatan hewan (puskeswan) juga rutin memantau kondisinya.

“Kalau dipisahkan agak susah karena dari segi luas kandangnya juga terbatas,” ujar Asep Pamungkas saat ditemui di Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Ampel, Kecamatan Sumber, Kamis (9/6/2022).

Ia mengatakan, para dokter hewan dari puskeswan juga rutin memberikan vitamin dan obat sesuai gejala yang dialami sapi-sapi yang terjangkit PMK.

Menurut dia, obat yang diberikan bukan obat khusus untuk PMK karena hingga kini penyakit tersebut belum ada vaksinnya sehingga hanya disesuaikan gejala yang muncul.

Baca juga: DKP3 Majalengka Pastikan Kasus PMK Sudah Nihil Menjelang Idul Adha, Ternyata Peternak Berikan Ini

“Obatnya hanya antibiotik dan vitamin, tapi alhamdulillah upaya tersebut sudah membuahkan hasil, ada 27 ekor sapi yang terselamatkan, sembuh dari PMK,” kata Asep Pamungkas.

Asep berharap, penanganan semacam itu dapat mencegah kematian hewan ternak yang disebabkan PMK meski tidak diisolasi di kandang khusus.

Dinas Pertanian mengakui saat ini stok obat-obatan untuk sapi yang terjangkit PMK semakin menipis. Bahkan, bantuan obat dari Pemprov Jabar dan pihak lainnya pun jumlahnya terbatas.

“Dari segi anggaran juga terbatas, tetapi kami berupaya semaksimal mungkin untuk menangani penyebaran PMK di Kabupaten Cirebon,” ujar Asep Pamungkas.

Hingga kini, sebanyak 685 ekor sapi di sejumlah peternakan dari 17 kecamatan se-Kabupaten Cirebon terjangkit PMK. Bahkan, terdapat dua ekor sapi mati akibat penyakit itu.

Selain itu, empat ekor sapi terpaksa disembelih karena gejala yang dialaminya makin memburuk, dan 27 ekor sapi dinyatakan sembuh dari PMK.



#Dinas #Pertanian #Cirebon #Kesulitan #Isolasi #Ratusan #Sapi #yang #Terjangkit #Penyakit #Mulut #dan #Kuku

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.