EdenFarm Tampung Hasil Panen Buruan SAE Mang Oded di Pussenkav Bandung, Siap Beli Sesuai Harga Pasar

by -632 Views
EdenFarm Tampung Hasil Panen Buruan SAE Mang Oded di Pussenkav Bandung, Siap Beli Sesuai Harga Pasar

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

Insannews.co.id, BANDUNG – Para pemilik Buruan SAE di Kota Bandung kini merasa lega dan semangat menanam sayuran karena hasik panen dibeli EdenFarm, startup yang bergerak di bidang rantai pasok pangan.

Memulai pembelian hasil panen tersebut, EdenFarm menampung sawi hijau hasil panen Buruan Sehat, Alami, Ekonomis (SAE) Mang Oded, Kamis (9/6/2022).

Buruan Sae Mang Oded yang berlokasi di lahan milik Pussenkav Jalan Salak No. 2, dikelola atas kerja sama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung dan Sayurku.

Ketua Buruan SAE Mang Oded, Lettu Kav Martona, menyambut baik hasil panen bisa ditampung oleh Edenfarm karena selama ini hasil panen hanya untuk konsumsi pribadi dan dibagi bagi gratis ke warga.

“Alhamdulillah,  jika ada yang menampung hasil panen jadinya membuat semangat kami menanam kembali, karena ada penghasilan secara ekonomi,” ujar Martona.

Ia berharap, jika  hasil panen ada yang tampung maka lahan tidur yang ada di Kota Bandung khususnya milik TNI bisa dimanfaatkan untuk menanam sayuran. 

Baca juga: Pemkot Bandung Permudah Akses Keuangan Buat Warga dari KUR, Buruan Sae Hingga Melawan Rentenir

Fitri Wita, Region Head West Java EdenFarm,  mengatakan,  EdenFarm selalu berupaya  hadir dan bekerjasama dengan seluruh stakeholder berbagi visi yang sama.

Menurutnya, Buruan SAE sebagai program yang sangat inovatif dan berpotensi dalam mendukung pemenuhan kebutuhan pangan keluarga, memperbaiki gizi masyarakat khususnya di Kota Bandung, sehingga dapat menekan angka stunting, serta memberdayakan petani lokal.

EdenFarm beroperasi di Jawa Barat sejak akhir 2019, dan telah memiliki beberapa fasilitas untuk mendukung bisnis rantai pasok pangan yang terintegrasi, seperti kantor cabang, Eden Fulfillment Center, dan Eden Collection Facility (ECF) –sentra komoditas pasca panen yang tersebar di berbagai titik seperti Caringin, Cipanas, Sumedang, dan Pangalengan. “Saat ini EdenFarm beroperasi di 4 wilayah, yakni Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Fitri menambahkan, ia membeli hasil panen dari petani dan kembali dipasok ke pedagang pasar, warung nasi dan restoran.

Baca juga: Umi Terharu Ada Buruan SAE Mang Oded di Markas TNI, Kepala DKPP Menangis Teringat Wali Kota Bandung

“Edenfarm membeli sayuran ke petani disesuaikan dengan harga pasar, kalau memang mahal, kami beli mahal juga, jangan sampai merugikan petani,” ujarnya. (*)

 



#EdenFarm #Tampung #Hasil #Panen #Buruan #SAE #Mang #Oded #Pussenkav #Bandung #Siap #Beli #Sesuai #Harga #Pasar

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.