Gelaran KIJB 2022, Sekda Jabar: Inovasi Pelayanan Publik Harus Terukur

by -447 Views
Gelaran KIJB 2022, Sekda Jabar: Inovasi Pelayanan Publik Harus Terukur

Insannews.co.id, BANDUNG – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menghadiri acara Peluncuran Kompetisi Inovasi Jawa Barat 2022, di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (10/6/2022).

Pada kesempatan itu, sebagai salah satu pembicara pada segmen “Bincang Cerdas KIJB”, Setiawan mengemukakan, bahwa inovasi pelayanan publik harus dirancang secara terukur.

Sejalan dengan tema KIJB tahun ini, yaitu “Peningkatan Daya Saing Daerah Menuju Kemandirian”, maka ukuran hadirnya suatu inovasi adalah terasa kebermanfaatannya.

Selain itu, pelayanan publik juga menjadi efektif dan efisien, lebih murah dari segi biaya, serta lebih akurat.

“Jadi hal-hal itu yang harus dipegang di dalam inovasi kita, khususnya apabila kita ingin memasifkannya,” tambah Setiawan.

Ia menuturkan, inovasi seolah identik dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jabar yang menjalankan visi Juara Lahir Batin dengan inovatif dan kolaboratif.

Jabar juga mempunyai potensi yang luar biasa dalam inovasi baik dari segi SDM, maupun objek yang dapat diinovasikan.

Dalam semangat kolaborasi, Pemda Provinsi Jabar mengedepankan pula Team of Teams (ToTs), sehingga suatu isu atau inovasi bisa saja dikerjakan secara lintas sektoral secara bersama-sama.

“Jabar berpotensi menyumbang nilai-nilai inovasi untuk tingkat pemerintahan lainnya, termasuk nasional. Ini poin yang sangat penting,” ungkap Setiawan.

Ia memaparkan pula bahwa Indonesia menduduki posisi ke-87 dari 132 negara pada Global Innovation Index atau Indeks Inovasi Global 2021.



#Gelaran #KIJB #Sekda #Jabar #Inovasi #Pelayanan #Publik #Harus #Terukur

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.