Cengek, Telur dan Daging Ayam Kerek Inflasi di Priangan Timur Jadi di Atas Rata-rata Nasional

by -758 Views
Banjir Bandang yang Landa Ciwidey Bikin Harga Sayuran di Pasar Kosambi Naik

Insannews.co.id,CIAMIS – Melejitnya harga cabai, telur dan daging ayam telah memicu naiknya inflasi di daerah Priangan Timur (Ciams, Tasikmalaya dan sekitarnya).

Tingkat inflasi di Tasikmalaya, Ciamis dan sekitarnya kini di atas rata-rata Jawa Barat dan di atas angka rata-rata nasional.

“Angka inflasi memang cukup tinggi. Tapi masih di bawah 1 % ,” ungkap Darjana, Kepala BI (Bank Indonesia) Wilayah Tasikmalaya  kepada Tribun dan wartawan lainnya usai pembukaan “Galuh Digital Fest” (Pameran produk 50 UMKM binaan BI)  di pelataran Bilboard Taman Raflesia Alun-Alun Ciamis, Sabtu (11/6) siang. Dan “Galuh Digital Fest” ini akan berlangsung sampai Minggu (12/6).

Menurut Darjana, pasca lebaran harga cabai terus melejit. “Apalagi  cabai rawit domba. Hampir seluruh jenis cabai harganya naik. Kecuali cabai ijo, masih normal di kisaran Rp 20.000-Rp 30.000/kg,” katanya.

Informasi dari UMKM pertanian binaan BI, katanya harga cabai rawit  merah (cengek domba) di tingkat petani Sabtu (11/6) sudah menembus angka Rp 70.000/kg. Sementara harga di tingkat eceran sudah jauh di atas Rp 80.000/kg.

Dari pantauan yang dilakukan BI dan Satgas Pangan di tiap daerah wilayah kerja BI menurut Darjana kenaikan harga berbagai jenis cabai tersebut karena menurunnya produksi yang membuat terbatasnya pasokan.

“Menurunnya produksi karena petani menanam cabai dengan target untuk masa panen lebaran. Jadi yang masih dipanen sekarang, adalah kebun cabai sisa panen lebaran,” jelas Darjana.

Untuk membuat pasokan normal kembali menurut Darjana tentu butuh waktu. Butuh waktu satu musim tanam yakni sekitar 3 sampai 4 bulan. “Petani harus nanam dulu, sekarang baru akan panen 3 sampai 4 bulan kemudian,” katanya.

Kondisi tersebut tentu cukup mengkhawatirkan karena mungkin saja kenaikan harga cabai akan berlanjut sampai Iduladha. Mengingat pada hari raya kurban tersebut akan terjadi peningkatan cabai yang cukup tinggi termasuk bumbu lainnya seperti bawang.

Guna menekan kenaikan harga cabai di wilayah Priangan Timur menurut Darjana hal yang mungkin dilakukan adalah mendatangkan cabai dari daerah lain. Perlu ada pasokan dari sentra produksi cabai dari daerah lainnya.



#Cengek #Telur #dan #Daging #Ayam #Kerek #Inflasi #Priangan #Timur #Jadi #Atas #Ratarata #Nasional

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.