Uang Tunai Rp 2,3 Miliar Ditemukan di Kantor Pusat Khilafatul Muslimin, Tersimpan Dalam 4 Brankas

by -1102 Views
Uang Tunai Rp 2,3 Miliar Ditemukan di Kantor Pusat Khilafatul Muslimin, Tersimpan Dalam 4 Brankas

Insannews.co.id, JAKARTA – Uang tunai sebesar Rp 2,3 miliar ditemukan aparat Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya di kantor pusat Khilafatul Muslimin, kawasan Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Barang bukti dalam empat brangkas tersebut ditemukan polisi saat menangkap dua tokoh Khilafatul Muslimin berinisial AA dan IN pada Sabtu (11/6/2022). AA disebut sebagai sebagai sekretaris organisasi dan IN merupakan penyebar doktrin.

“Kami temukan brankas besi sebanyak empat unit yang berisi uang tunai Rp 2,3 miliar,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Endra Zulpan, saat jumpa pers, Minggu (12/6/2022).

Kendati demikian, Zulpan belum dapat menjelaskan lebih jauh terkait uang tersebut. Ia mengatakan, polisi masih mendalami dana yang dimiliki oleh Khilafatul Muslimin.

“Itu nanti kita dalami dulu, yang jelas itu ditemukan di kantor pusat Khilafatul Muslimin dan itu adalah dana daripada ormas ini,” kata Zulpan.

Selain AA dan IN, polisi juga menangkap FA di medan dan SW di Bekasi. FA disebut sebagai penanggung jawab keuangan dan pengumpul dana.

Sementara SW sebagai pendiri Khilafatul Muslimin.

Adapun polisi telah menetapkan empat tokoh tersebut sebagai tersangka atas dugaan menganut, mengembangkan, serta menyebarkan ajaran atau paham yang bertentangan dengan Pancasila.

Mereka dipersangkakan dengan Pasal 59 ayat (4) dan Pasal 82 ayat (1) Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Kemudian, Pasal 14 ayat (1) dan (2), dan atau pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan ancaman pidana penjara 5 tahun dan maksimal 20 tahun.

Dalam penangkapan tersebut, polisi mendapatkan sejumlah barang bukti yakni catatan keuangan dan puluhan ribu data anggota Khilafatul Muslimin.



#Uang #Tunai #Miliar #Ditemukan #Kantor #Pusat #Khilafatul #Muslimin #Tersimpan #Dalam #Brankas

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.