Kacang Koro Mulai Ditanam di Garut, Upaya Tekan Dominasi Kacang Kedelai yang Masih Impor

by -11 Views
Kacang Koro Mulai Ditanam di Garut, Upaya Tekan Dominasi Kacang Kedelai yang Masih Impor

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

Insannews.co.id, GARUT – Upaya menjadikan kacang koro sebagai komoditas yang sejajar dengan kacang kedelai terus dilakukan salah satunya di Kabupaten Garut.

Kacang koro dinilai punya potensi besar dalam komoditas di masa depan sebagai komoditas yang mampu membantu ketahanan pangan di Indonesia.

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono meyakini kacang koro suatu saat nanti akan mampu menggantikan fungsi dari kacang kedelai yang saat ini masih impor.

“Kami berharap bahwa kacang koro nanti akan menggantikan fungsi dari kacang kedelai yang selama ini barangkali lebih ke impor,” ujarnya saat diwawancarai awak media dalam kegiatan tanam perdana kacang koro di Desa Mandalasari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Selasa (14/6/2022).

Ia menyebut penanaman kacang koro di Kabupaten Garut berlokasi beberapa kawasan berbeda di tanah seluas lima hektar.

Upaya menjadikan kacang koro sebagai komoditas nasional tersebut melibatkan unsur Forkopimcam yang nantinya akan diurus oleh para petani di daerah tersebut.

“Ini adalah konsep pemulihan ekonomi selama masa pandemi, jadi kami berupaya untuk membuka lapangan pekerjaan juga kepada para petani yang menggarap,” ucapnya.

Lahan yang digunakan untuk menanam kacang karo menurutnya merupakan lahan tidur yang selama ini diperintahkan oleh presiden untuk dimanfaatkan menjadi kekuatan ekonomi baru.

Ketua Koperasi Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR) Paramasera Agus Somamihardja mengatakan kacang koro pertama kali dibawa ke Nusantara oleh bangsa portugis pada tahun 1.400 masehi dan bisa tumbuh di lahan-lahan marginal.

Jika dimanfaatkan dan difokuskan penanamannya, ia yakin bisa menghasilkan bahan baku pangan pengganti kedelai sebagai substitusi tempe dan tahu.

“Dulu sebenarnya aneka makanan di bumi pertiwi ini bukan dari kedelai, tapi dari aneka kacang-kacangan seperti karo ini dan saat ini kita kembalikan lagi dengan tanaman selain kedelai,” ucapnya.

Ia menyebut nantinya pengrajin tempe dan tahu tidak lagi akan bergantung pada kedelai yang saat ini didapatkan dari luar negeri jika kacang koro menjadi komoditas utama.

Inovasi para pengrajin juga menurutnya akan muncul dan tidak terganggu atau bergantung pada bahan impor.

“Mari makan apa yang petani kita tanam, supaya mereka dapat penghasilan dan ekonominya bisa berkembang,” ujarnya.(*)



#Kacang #Koro #Mulai #Ditanam #Garut #Upaya #Tekan #Dominasi #Kacang #Kedelai #yang #Masih #Impor

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.