Warga Antusias Ikuti Pelatihan Olah Sampah Rumah Tangga Jadi Pupuk Alami dan Pestisida yang Efektif

by -125 Views
Warga Antusias Ikuti Pelatihan Olah Sampah Rumah Tangga Jadi Pupuk Alami dan Pestisida yang Efektif

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

Insannews.co.id, BANDUNG – Puluhan warga Astanaanyar dari enam kelurahan mengikuti pelatihan pengolahan sampah rumah tangga menjadi eco enzyme di Aula Kecamatan Astanaanyar, Selasa (14/6/2022).

Peserta pelatihan antusias memanfaatkan sampah sayuran dan buah-buahan yang biasanya dibuang ke dalam tong sampah bisa disulap menjadi pembersih organik, atau sebagai pupuk alami dan pestisida yang efektif.

Pelatihan pengolah sampah rumah tangga diikuti 50 peserta digelar kerjasama Kecamatan Astanaanyar dan Alfamart.

Camat Astanaanyar Syukur Sabar berharap pelatihan pengolah sampah rumah tangga mampu mengubah perilaku warganya memanfaatkan sampah menjadi berkah.

Menurut Syukur, mengubah perilaku sangat sulit karena masih banyak warga yang ingin praktis tidak mau berjuang apalagi mengolah sampah menjadi benda yang bermanfaat.

“Warga ingin praktis, karena cairan untuk lantai cukup beli, sampah tinggal buang ke tong sampah. Perilaku seperti itu sulit diubah, tapi harus dicoba, mulai dari diri sendiri, kemudian ditularkan minimal kepada keluarga,” ujar Syukur.

Sementara itu Branch Corporate Communication Alfamart Elisa Refila, mengatakan,  pengolah sampah organik menjadi eco enzyme, sebagai program Alfamart peduli  lingkungan.

Elisa berharap hasil pelatihan bisa kembali diajarkan  kepada tetangga dan keluarga.

“Pelatihan pengolah sampah merupakan upaya Alfamart mendukung  program pemerintah mulai pemerintah pusat sampai pemerintah daerah, terkait menyelamatkan lingkungan,” ujarnya.



#Warga #Antusias #Ikuti #Pelatihan #Olah #Sampah #Rumah #Tangga #Jadi #Pupuk #Alami #dan #Pestisida #yang #Efektif

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.