Dinas Lingkungan Hidup Masih Investigasi Penyebab Banjir Ciwidey, Sebut Ada Pendekatan yang Efektif

by -478 Views
Dinas Lingkungan Hidup Masih Investigasi Penyebab Banjir Ciwidey, Sebut Ada Pendekatan yang Efektif

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

Insannews.co.id, BANDUNG – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, hingga kini masih melakukan investigasi penyebab banjir bandang di Ciwidey.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Asep Kusumah, terkait banjir tersebut, kini sedang diassement oleh BPBD Kabupaten Bandung. 

“Intinya, ini pelajaran buat kita, bahwa situasi lingkungan ini kan tidak akibat tunggal, banyak hal saya kira,” ujar Asep, di Desa Cimekar, Kabupaten Bandung, Rabu (15/6/2022).

Ia menambahkan, kalau berbicara banjir, memang ada luapan air kemudian ada juga air larian dari run off.

“Kemudian ada beberapa lahan tangkapan air yang berubah fungsi. Tapi tentu harus komprehensif dinilainya sehingga kita bisa menemukan diagnosa yang tepat dan juga solusi yang tepat,” katanya.

Asep mengatakan, jika diagnosanya tidak komprehensif, pasti solusinya juga tidak bisa menyelesaikan secara cepat. Kini kata Asep, pihaknya masih melakukan pendataan.

“Termasuk teman-teman dari pegiat lingkungan, dari komunitas juga ini aktif berdiskusi, kemudian juga mencoba membangun saran-saran kebijakan yang bisa dilakukan,” ujar dia.

Asep mengatakan, Bupati Bandung Dadang Supriatna, juga sangat konsen melakukan itu yang juga berkoordinasi dengan Perhutani, PTPN, dan BBWS.

“Saya kira salah satu yang pernah ditunjukkan pak Bupati adalah ketika wilayah timur melakukan normalisasi sungai sepanjang 12 kilometer tanpa APBD, dengan konsep pentahelik,” ujar.

Menurutnya, hal tersebut juga akan diterapkan di Ciwidey.

“Salah satu yang menjadi strategi pak Bupati adalah keyakinan beliau bahwa pentahelik ini adalah pendekatan yang paling efektif,” ujar Asep.

Kemudian kata Asep, memberikan ruang untuk semua pihak berkontribusi.

“Kini masih diinvestigasi, erutama di BBWS terus melakukan assement karena yang terjadi hari ini kan tanggap darurat, dan itu yang paling utama,” ucapnya. (*)



#Dinas #Lingkungan #Hidup #Masih #Investigasi #Penyebab #Banjir #Ciwidey #Sebut #Ada #Pendekatan #yang #Efektif

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.