Wagub Jabar Dorong Inohong Sunda Manggung di Ranah Politik Tingkat Nasional, Jangan Jago Kandang

by -145 Views
Wagub Jabar, Dukung Ridwan Kamil Maju Jadi Calon Presiden 2024, Minta Orang Sunda Mendukungnya

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

Insannews.co.id, BANDUNG BARAT – Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mendorong para inohong Sunda untuk manggung di ranah politik nasional, karena selama ini hanya sebatas manggung di tingkat daerah saja.

Menurut Uu, orang sunda yang manggung di tingkat daerah seperti gubernur sudah biasa, tetapi jika ada yang sampai manggung di tingkat nasional, tentunya pasti luar biasa.

“Inohong Sunda harus ada yang manggung di kancah nasional, bahkan internasional. Inohong Sunda jangan jago kandang. Orang Sunda jadi Gubernur Jawa Barat biasa, orang Tasik jadi Gubernur juga biasa,” ujarnya saat ditemui di Batujajar, KBB, Minggu (19/6/2022).

Uu mengatakan, sejauh ini orang Jawa Barat dinilai kurang sukses dan kurang mendapat ‘kue’ serta kurang mendapat perhatian dari para penguasa di negeri ini.

“Oleh karena itu, ikhtiar perlu dilakukan untuk merubah situasi dan kondisi supaya tidak sampai seperti sekarang ini,” kata Uu.

Koordinator Nonoman Sunda, Hendra Guntara, mengatakan, sejauh ini orang Sunda yang manggung dalam ranah politik tingkat nasional tidak membawa utuh kepentingan Jawa Barat. 

“Jadi kami dari generasi muda sunda, merangkai sebuah rangkuman manifes dari pemikiran generasi muda, semua dituangkan di situ,” ujarnya.

Baca juga: Ratusan Tokoh Sunda Berkumpul di Bandung Barat, Bahas Nasib Orang Sunda di Panggung Politik

Menurutnya, salah satu poin dalam manifes tersebut yakni Jawa Barat dalam kontestasi politik hanya dijadikan sebagai lumbung suara, sehingga tokoh yang akan maju untuk memimpin Indonesia akan didukung sepenuhnya.

Namun terkait nama tokoh yang bakal diusung, pihaknya belum melakukan pembahasan karena masih fokus pada membangun spirit kebersamaan antara tokoh sunda baik tua maupun muda.

“Mari sama-sama gaungkan tagline Jabar Ngahiji Sangkan Jadi Kahiji. Ketika ada tokoh dari Jawa Barat yang kita dorong, supaya jangan saling sikut,” kata Hendra. (*)



#Wagub #Jabar #Dorong #Inohong #Sunda #Manggung #Ranah #Politik #Tingkat #Nasional #Jangan #Jago #Kandang

Sumber : jabar.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.