KIB Diprediksi Tetap Usung Airlangga di Pilpres: Golkar Lebih Solid

by -1386 Views
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Plt Ketua Umum PPP Mardiono bertemu di satu restoran di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu, 30 November 2022.

Rabu, 18 Januari 2023 – 16:26 WIB

VIVA Politik – Nama Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, dinilai lebih punya peluang besar untuk diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB, di Pilpres 2024. Walau belakangan mencuat kabar masuknya Sandiaga Uno di PPP, dan makin lengketnya PAN dengan Erick Thohir.

Seperti diketahui, KIB digagas oleh 3 partai yakni Partai Golkar, PPP dan PAN. Partai Golkar sendiri, seperti yang ditegaskan Wakil Ketum Nurul Arifin, tetap mengusung Airlangga Hartarto.

Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, persaingan untuk siapa yang akan diusung di KIB sebenarnya semakin menarik. Dengan isu Sandiaga masuk dan Erick Thohir yang lengket dengan PAN.

Adi mengatakan, perundingan untuk capres dan cawapres di KIB, akan semakin menarik dengan isu masuknya kedua nama tersebut.

Mengenai elektabilitas di berbagai survei, memang Erick dan Sandiaga cenderung hampir sama. Tetapi menurutnya, dengan kekuatan Golkar, sudah cukup kuat untuk  mengangkat nama Airlangga.

“Mesin Partai Golkar jauh lebih solid untuk mendongkrak elektabilitas Airlangga, dibanding misalnya PAN dan PPP. Jadi itu yang saya sebut bahwa koalisi ini masih sangat dinamis,” kata Adi, Rabu 18 Januari 2023.

Dijelaskannya, Golkar memang tidak akan mendapatkan efek ekor jas dari mencuatnya nama Sandiaga dan Erick tersebut. Sebab Golkar bisa jauh lebih mendongkrak suara partainya, tanpa harus ada sosok populer yang menyertai.

Halaman Selanjutnya

“Golkar itu salah satu kekuatan utamanya adalah anatomi struktur dan kekuatan caleg mereka. Ini terbukti pada 2019, Golkar tidak punya jagoan di Pilpres, tetapi menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi nomor dua,” kata dia.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.