KPU Saja yang Bodoh Kalau Mau Diintervensi

by -187 Views
Menko Polhukam Mahfud MD.

Jumat, 13 Januari 2023 – 14:26 WIB

VIVA Politik – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) lakukan tindakan bodoh jika mau diintervensi pihak luar. Mahfud bilang demikian karena KPU mesti berposisi independen.

“KPU saja yang bodoh kalau mau diintervensi. Kan undang-undang katakan dia independen. Ada orang diintervensi oleh parpol, oleh pemda, oleh lurah, itu bodoh namanya,” kata Mahfud MD di Istana Kepresidenan Jakarta, dikutip dari Antara, Jumat, 13 Januari 2023.

Sebelumnya, perwakilan Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu Bersih Hadar Nafis Gumay melaporkan dugaan kecurangan Pemilu 2024 dalam tahapan verifikasi partai politik. Eks komisioner KPU itu menyampaikan dugaan itu saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi II DPR RI di Jakarta pada Rabu, 11 Januari 2023.

Hadar dalam kesempatan itu menyertakan bukti percakapan pesan WhatsApp terkait dugaan kecurangan verifikasi faktual Partai Gelora.

Terkait itu, Mahfud menegaskan pemerintah mang tidak boleh ikut campur. Tapi, dia menepis ada isu pemerintah ikut intervensi KPU.

“Itu hoaks juga berita. Katanya ada campur tangan istana. Saya justru menegur. Tanggal 10 November ada laporan, ‘Pak itu KPU tidak adil, partai A suruh masukkan, partai B tidak boleh masuk’. Saya telepon, hanya itu saja,” jelas Mahfud.

Halaman Selanjutnya

Pun, selanjutnya, Mahfud menelepon Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Pemilihan Umum Bernad Dermawan Sutrisno.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.