Mahfud MD Ungkap Siasat Pantau Pendukung Lukas Enembe melalui Nasi Bungkus

by -236 Views
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan terkait kondisi Desa Wadas.

Jumat, 13 Januari 2023 – 13:57 WIB

VIVA Politik – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan kondisi Papua kondusif usai penangkapan tersangka kasus dugaan korupsi gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Sekarang Papua sangat kondusif dan tokoh-tokoh Papua sudah bicara agar hukum ditegakkan terhadap Lukas Enembe. Semua tuh, Ketua KNPI, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat [mengatakan] tegakkan hukum,” kata Mahfud di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 13 Januari 2023.

Mahfud menilai kondisi kondusif itu nampak dari makin sedikitnya orang yang terlibat dalam aksi demonstrasi sejak penangkapan Lukas Enembe di Kota Jayapura, Papua, pada Selasa.

Bentrok pasca ditangkapnya Gubernur Papua Lukas Enembe

Bentrok pasca ditangkapnya Gubernur Papua Lukas Enembe

“Kami dikritik oleh rakyat terus, seakan-akan takut pada Lukas Enembe dan gengnya. Ya, kami selidiki seberapa besar sih? Mula-mula ribuan orang demo, kami biarin. Akhirnya, turun, turun, sampai akhirnya di bawah 100 (orang)–itu pun hanya orang makan. Bagaimana menghitungnya? Hitung dari beli nasi bungkus berapa untuk kasih orang itu. Setiap hari turun, berarti setiap hari pengikutnya kan tidak ada. Sekarang sangat kondusif kan?” ujarnya.

Pemerintah pun terus mengawasi aliran uang oleh orang-orang terkait tersangka Lukas Enembe melalui Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). “Kalau itu digunakan untuk melakukan tindakan-tindakan melanggar hukum, perusakan, dan sebagainya, [maka] akan kami ambil secepatnya.”

Halaman Selanjutnya

Sempat dibantarkan ke rumah sakit

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.