Paloh Bertemu Luhut di Eropa, Refly Prediksi Nasdem Aman dari Reshuffle

by -3799 Views
Ketum Nasdem Surya Paloh bertemu dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Rabu, 18 Januari 2023 – 00:00 WIB

VIVA Politik – Pertemuan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan atau LBP di Eropa beberapa waktu lalu memunculkan spekulasi politik. Salah satunya dinamika menuju Pilpres 2024.

Pengamat politik Refly Harun menganalisa makna dari pertemuan Paloh dengan Luhut. Dia mengibaratkan dalam politik jika sudah deal maka ada take and give.

Refly menyinggung munculnya pernyataan Mensesneg Pratikno bahwa sementara ini tak ada reshuffle di Kabinet Indonesia Maju. Isu reshuffle sebelumnya menyenggol menteri dari Nasdem.

“Kalau dalam politik itu, kalau Anda sudah deal maka Anda arahnya take and give. Jadi, gampang sekali dan mudah sekali melihatnya. Artinya apa? Sejalan dengan statement bahwa tak ada reshuffle,” kata Refly di akun YouTube-nya yang dikutip pada Selasa malam, 17 Januari 2023.

Bagi Refly dengan omongan Pratikno itu berarti confirm pertemuan Paloh dengan Luhut diprediksi menghasilkan kesepakatan. Dia menganalisa dari pertemuan kedua tokoh politikus senior itu ada dua kesepakatan.

“Yaitu satu tidak ada reshuffle sampai akhir Januari, berarti menteri dari Nasdem tetap dipertahankan itu satu. Yang kedua, Partai Nasdem atau Fraksi Partai Nasdem tetap mendukung pemerintahan Pak Jokowi,” ujar Refly.

Halaman Selanjutnya

Menurut dia, dukungan Nasdem ke Jokowi seperti dalam tanda kutip blind support atau dukungan buta.

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.