PKS Blak-blakan Sebut Usulan Biaya Haji “Memberatkan dan Tanggal Berangkatnya Menjauh”

by -470 Views
Sekjen PKS sekaligus Anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Al Habsyi (kanan).

Sabtu, 21 Januari 2023 – 11:09 WIB

VIVA Politik – Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboebakar Alhabsyi mengatakan pemerintah, dalam hal ini Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, tidak mungkin menaikkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) sebesar Rp69 juta tanpa perhitungan dan alasan yang matang.

“Saya rasa, pemerintah dalam menaikkan haji itu tidak akan ujug-ujug ya, pasti sudah semua dirinci dengan kebutuhan-kebutuhannya,” kata Aboebakar di Jakarta pada Sabtu, 21 Januari 2023.

Bisa jadi, kata dia, proses di Arab Saudi kini banyak hal yang meningkat, khususnya perumahan, katering, transportasi, sehingga kalau naik 100 persen berarti ada peningkatan servis. Dia meyakini, kenaikan harga itu telah direncanakan sesuai peningkatan fasilitas dan pelayanan.

Ilustrasi/Jemaah haji Indonesia tiba di tanah air usai menunaikan ibadah di Arab Saudi.

Ilustrasi/Jemaah haji Indonesia tiba di tanah air usai menunaikan ibadah di Arab Saudi.

Tentu saja, Aboebakar menyebut kenaikan perjalanan BPIH dibebankan kepada masyarakat atau jemaah Indonesia. “Harga pasti kalau mahal, memberatkan; sudah memberatkan, tanggal berangkatnya pun menjauh kan. Itu pasti beratlah,” ujarnya.

Perubahan signifikan

Halaman Selanjutnya

Kementerian Agama mengusulkan BPIH 1444 H/2023 M sebesar Rp69.193.733,60. Jumlah itu 70 persen dari usulan rata-rata BPIH yang mencapai Rp98.893.909,11. Sebanyak 30 persen sisanya dibayarkan dari nilai manfaat dana haji. 

img_title

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.