Presiden RI Berikutnya Harus Paham Geopolitik untuk Menjaga Perdamaian Dunia

by -414 Views
Ilustrasi Pemilu.

Senin, 21 November 2022 – 08:40 WIB

VIVA Politik – Berbagai kriteria Presiden RI berikutnya setelah Presiden Joko Widodo, bermunculan. Salah satu kriteria yang harus dimiliki Presiden RI 2024-2027, disebut adalah memahami geopolitik.

Ketua Relawan Pendekar Indonesia Hendrawan Saragi menyebutkan untuk kepemimpinan periode 2024-2029 dibutuhkan calon presiden yang memahami geopolitik.

“Giliran semua pihak untuk memindai calon presiden 2024-2029 yang akan memikul tanggung jawab kepemimpinan geopolitik untuk menjaga perdamaian dunia, untuk menyelamatkan peradaban, dan melayani umat manusia,” kata Hendrawan Saragi dalam keterangannya diterima di Jakarta Senin, dikutip dari Antara.  

Dia mengatakan negara-negara di dunia termasuk Indonesia tentu memiliki tantangan yang dihadapkan dengan perubahan drastis dalam lanskap internasional, terutama upaya eksternal untuk memeras dan memberikan tekanan.  

“Karena itu mesti menjaga keseimbangan kekuatan pertahanan melawan kekuatan jahat di mana-mana, di Eropa dan Asia dan Afrika, di Atlantik dan Pasifik, baik di darat, udara dan laut,” kata dia.

Karena itu lah, kata Hendrawan Saragi dibutuhkan calon presiden yang paham akan geopolitik. Dia mengajak untuk kembali mengulang masa kejayaan pendiri bangsa Presiden Soekarno yang memiliki rasa cinta kebebasan politik.

“Kiranya ada pemimpin yang muncul dengan ketegasannya, kecerdasannya, sehingga pantas memperjuangkannya,” kata dia.

Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.