Sekjen PDIP Ungkit Awal Pemerintahan Jokowi Sempat Terhambat Koalisi Pragmatis pada 2014

by -95 Views
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ziarah ke makam Bung Karno

Minggu, 16 April 2023 – 08:00 WIB

VIVA Politik – Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya tidak alergi membangun kerja sama politik menyambut Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Semangat PDI Perjuangan dalam membangun kerja sama itu dengan gotong royong. Itu saripati Pancasila yang menjadi kultur bangsa,” kata Hasto di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Jakarta, Sabtu malam, 15 April 2023.

Ia juga mengatakan siap membentuk poros dengan partai lain demi mengusung kandidat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Menurutnya, kerja sama dalam politik secara empiris diperlukan ketika mengingat peristiwa setelah Pilpres 2014.

Megawati Soekarnoputri bersama elite PDIP di sekolah PDIP, Lenteng Agung.

Megawati Soekarnoputri bersama elite PDIP di sekolah PDIP, Lenteng Agung.

Photo :

  • VIVA.co.id/Ahmad Farhan Faris

Hasto bercerita Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika terpilih pada Pilpres 2014 hanya didukung partai yang memiliki kursi 20 persen di DPR. Hal itu menurut dia berdampak pada konsolidasi pemerintahan era Jokowi setelah Pilpres 2014 yang sedikit terhambat.

“Secara empiris menunjukkan 2014 pemerintahan Pak Jokowi konsolidasinya terhambat hingga satu setengah tahun karena berbagai manuver kerja sama pragmatis di DPR,” ujar Hasto.

Halaman Selanjutnya

Namun, dia berharap, kerja sama politik menuju Pilpres 2024 yang dibangun PDIP tidak bersifat pragmatis dan harus mengedepankan agenda pemerintahan selanjutnya.

img_title



Sumber: www.viva.co.id

No More Posts Available.

No more pages to load.